Anak Tenang di Sekolah, Nakal di Rumah

Seringkali, seorang anak yang dijuluki ”murid teladan” di sekolah memang menunjukkan perilaku yang sama sekali berbeda ketika ia tiba di rumah. Seolah, ia ”terbebas” dari segala tekanan yang membuatnya mesti ”tunduk” pada peraturan. Tenang saja Ma, ini bukanlah pertanda ketidakmampuan orangtua dalam mengendalikan anaknya, melainkan merupakan cerminan dari beberapa faktor lain.

Salah satunya, ini hanyalah cara unik anak Anda dalam menghadapi peralihan antara situasi di rumah dan sekolah. Atau bisa jadi, kondisi yang terstruktur di sekolah mampu menyalurkan energi anak dengan cara yang positif, berbeda dengan situasi yang cenderung lebih longgar di rumah. Anak-anak juga biasanya merasa lebih aman untuk bertingkah di rumah—di mana ia merasa yakin bahwa seseorang akan tetap mencintainya terlepas dari apa pun yang ia lakukan. Setelah bersikap patuh seharian, wajar saja bila si kecil butuh semacam ”pelepasan” setelah tiba di rumah, bukan?

Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk ”menjinakkan” si murid teladan ketika dia berada di rumah:

- Tinggal sebentar di sekolah. Ketika menjemput anak Anda, jangan langsung menggandeng tangannya dan bergegas menuju pintu keluar. Sesekali, mintalah ia menunjukkan apa yang telah dibuatnya pada hari itu. Luangkan waktu untuk mengagumi karya si kecil di sekolah. Tindakan ini berguna untuk memuluskan peralihan antara situasi di sekolah dengan di rumah.

-  Bawa bekal camilan. Terkadang, rasa lapar bisa memicu anak menjadi rewel dan uring-uringan. Menyuguhi camilan kaya protein dan karbohidrat kompleks—misalnya roti keju, dalam perjalanan pulang akan membuat si kecil lebih tenang ketika tiba di rumah.

- Perhentian sebelum pulang. Singgah ke taman bermain dalam perjalanan pulang mungkin bisa menjadi cara untuk melepaskan energi si kecil yang tertahan selama ia berada di sekolah. Tindakan ini biasanya ampuh untuk mengurangi kebutuhan anak untuk melepaskan energinya di rumah.

- Ciptakan struktur. Menyediakan kegiatan yang diawasi seperti kegiatannya di sekolah, adalah salah satu cara untuk membantu si kecil beradaptasi dengan kehidupan di rumah. Sediakan waktu untuk bermain puzzle, membaca buku, atau melakukan kegiatan apa pun yang memungkinkan Anda menghabiskan waktu khusus bersama si kecil.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia