Anak Sulit Belajar Bahasa Daerah di Sekolah


Anak saya baru pindah sekolah yang memiliki pelajaran muatan lokal, seperti bahasa daerah. Saya perhatikan, ia kerap mendapat nilai rendah di pelajaran muatan lokal ini. Apa yang harus dilakukan? — Deviana, Surabaya.

Stefani Merdiningsih P, SPd, Kepala Kampus Ora Et Labora:
Dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, muatan lokal merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Dan, pelajaran muatan lokal ini sifatnya wajib dilaksanakan.

Mempelajari bahasa daerah, meski itu bukan bahasa ibu, berguna untuk menambah wawasan dan mengenalkan budaya daerah pada anak. Jadi, buatlah agar anak belajar dengan suka hati. Jika anak mempelajarinya dengan senang hati, maka akan mudah baginya untuk memahami pelajaran tersebut. Jangan khawatir dengan nilai yang rendah untuk palajaran muatan lokal tersebut. Semuanya perlu proses belajar. Nilai dan peringkat di kelas itu memang penting, tetapi bukan yang terpenting dalam suatu pembelajaran. Yang penting adalah pembentukan karakter pada diri anak, sehingga anak dapat menghargai perbedaan budaya, bahasa, dan perbedaan.

Foto: 123rf

Baca juga : Anak Tak Suka Pelajaran Matematika, Ini Penyebabnya!

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Anak Sulit Belajar Bahasa Daerah di Sekolah