Ini yang Perlu Anda Lakukan Saat Anak Tidak Mau ke Sekolah di Pagi Hari


Pagi ini anak tidak seperti biasanya. Sejak pagi, ia sulit sekali di bangunkan. Tidak mau mandi dan sarapan. Sepanjang pagi ia merajuk karena  tidak ingin sekolah. Aduh, ada apa ya? Kenapa tiba-tiba anak mogok sekolah? Jangan panik, jika Mama kerap mengalami hal ini, coba lakukan beberapa hal di bawah untuk membujuk anak mau sekolah lagi!

Jangan Dimarahi
Selidiki dulu penyebab anak mogok sekolah, mungkin ada sesuatu yang membuat ia takut atau tak nyaman. Mintalah ia untuk cerita pengalamannya di sekolah setiap Anda menjemputnya atau ketika duduk bersama saat makan siang. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui alasan yang mungkin membuatnya mogok sekolah.

Ajak Ia Bernegosiasi
Misalnya dengan membujuk ia berangkat sekolah dengan membawa snack lezat yang berbeda dari biasanya. Dengan menawarkan beberapa hal kesukaannya, Anda dapat mengalihkan perhatian anak dari aksi mogoknya.

Beri Motivasi
Misalnya, dengan mengatakan di sekolah ia akan bertemu dan bermain seru bersama teman-teman. Atau, Anda bisa memberi dukungan dalam bentuk lain, seperti membuatkan bekal dengan menu kesukaannya. Berikan kartu ucapan bergambar sebagai tanda cinta Anda, yang juga bisa membuat anak lebih semangat sekolah.

Luangkan Waktu Mengantar dan Menemani Anak Sekolah
Cobalah lakukan hal ini agar anak merasa nyaman. Cara ini memungkinkan Anda mencari tahu hal apa yang membuat ia ogah pergi sekolah. Dengan mengetahui sebabnya secara langsung, Anda akan lebih mudah mengajak anak berunding dan membujuknya agar mau kembali sekolah.

Baca juga: Alasan Anak Mogok Sekolah

Foto: 123 RF


 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Ini yang Perlu Anda Lakukan Saat Anak Tidak Mau ke Sekolah di Pagi Hari

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia