Beda Gaya Asuh Anak Picu Konflik Orang Tua


 
Suatu ketika anak bersendawa. Suami  bukannya menegur, ia malah ikut bersendawa sambil tertawa-tawa. Saya melotot dan ngomel karena hal itu tidak sopan, Ampun, deh!”
 
Tidak perlu marah di hadapan anak. Saat Anda melihat suami dan anak malah tertawa-tawa, Anda boleh pasang wajah serius sambil mengatakan, “Boleh sendawa seperti itu tapi hanya di rumah dan ketika berdua saja. Kalau di restoran atau di rumah eyang atau di tempat lain yang bukan rumah, tidak boleh karena dianggap sopan. Orang tidak suka mendengarnya. Mama juga tidak suka mendengarnya.” Suami tentu juga tidak ingin anaknya sendawa keras-keras di tengah-tengah jamuan pernikahan. Namun, saat itu, bisa jadi suami hanya becanda.

Baca juga : Keuntungan Papa Ikut Aktif Mengasuh Anak 
 
 
“Suami tidak setuju anak memakai baju dan sepatu rapi ke pesta, Katanya, membuat anak tidak bebas bergerak. Ia memilihkan anak memilih memakai kaos dan celana pendek saja. Malu-maluin saja…”
 
Sebelum berangkat ke pesta, siapkan bersama anak baju untuk dipakai, malam sebelumnya. Sajikan beberapa pilihan baju yang pantas, minta anak untuk memilih. Dengan begitu, drama pun akan berkurang. Biasanya anak akan bangga memakai baju pilihannya. Kadang kala, buat ayah, bukan masalah baju apa yang ingin dipakai, tapi keributan atau drama sepele mama dan anak hanya karena baju. Hindari menunjukkan perbedaan di depan anak karena akan membuat anak bingung atau melihat celah untuk menghindari hal-hal yang tidak disukainya. 
 
Suami ingin liburan di alam lepas, main kali atau di kebun. Lebih seru ! Anak bisa kenal tumbuhan dan hewan. Saya, ingin mengajak anak naik perahu di danau buatan atau liburan tanpa kotor-kotoran. Cape!”
 
Liburan keluarga, kan, bukan hanya sekal. Jadi, mengapa tidak mencoba merencanakan dengan matang dan memilih tempat secara bergilir agar anak pun memiliki pengalaman yang berbeda. Di alam bebas atau di danau buatan, keduanya tetap bisa memperkaya pengalaman anak. Misalnya, anak juga akan banyak belajar dari bermain kotor-kotoran, mengenal tekstur jika menanam sesuatu dan mengetahui jenis tanaman.  Jadi, tak apalah liburan kali ini bermain di alam bebas seperti keinginan suami dan  lain waktu mungkin di danau buatan yang Anda cita-citakan.    

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Beda Gaya Asuh Anak Picu Konflik Orang Tua

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia