Berbagai Metode Sunat

Berikut beberapa metode sunat yang paling banyak digunakan saat ini, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih, menurut dr. Alexandra, Sp.BA, dari RS Harapan Kita, Jakarta:


1. Metode konvensional

Metode ini paling umum dilakukan di Indonesia, dan bisa dilakukan baik oleh dokter, mantri, bahkan juru sunat. Dalam metode ini, pemotongan kulup dilakukan secara manual dengan gunting atau pisau bedah, dan diikuti dengan menjahit untuk menutup luka. Proses ini makan waktu sekitar 30 – 45 menit. Waktu penyembuhan luka sekitar 1 minggu. 


2. Metode cauter

Metode ini sering salah kaprah disebut sebagai metode laser. Padahal, tak ada laser yang digunakan. Dokter menggunakan cauter atau electric cauter, alat potong yang memanfaatkan panas listrik di ujungnya. Dengan alat ini, hampir tidak ada perdarahan pada bekas luka. Kalaupun ada, hanya sedikit. Prosesnya juga relatif lebih cepat (20 menit), dengan waktu penyembuhan sekitar 4 – 5 hari. 


3. Metode laser

Metode sunat menggunakan laser harus dilakukan oleh dokter yang sudah sangat berpengalaman. Keunggulan metode ini adalah waktu sunat yang lebih cepat dibanding metode konvensional, hanya sekitar 10 – 15 menit, dengan perdarahan minimal (bahkan bisa dibilang hampir tidak ada), serta waktu penyembuhan yang cepat. Sayang, harganya masih cukup mahal sehingga masih jarang digunakan.


4. Metode smart klamp

Metode ini tergolong baru, dan termasuk metode yang paling aman dan cepat. Dalam metode ini, sebuah tabung sekali pakai diselubungkan ke penis. Kulup yang akan dipotong dijepit pada perbatasan batang dan kepala penis, lalu dipotong dengan pisau bedah mengikuti alur yang sudah dibuat sebelumnya.


Tidak terjadi perdarahan karena pembuluh darah tertutup oleh klem. Jahitan dan perban juga tidak diperlukan karena klem akan terus berada di tempatnya sampai luka mengering (biasanya pada hari keempat). Pasien bisa langsung beraktivitas setelah prosedur sunat selesai. 


Baca juga:

- Manfaat Sunat Bagi Kesehatan Anak

- Persiapan Anak Sebelum Sunat

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Berbagai Metode Sunat