Berpisah dengan Guru Favorit

Mengatakan selamat berpisah pada akhir tahun ajaran bukan hal yang mudah bagi anak yang sangat dekat dengan gurunya. “Anak menghabiskan waktu yang cukup banyak dengan guru favoritnya, yang mungkin saja selalu melindunginya dan membantunya menghadapi aneka tantangan,” kata Susan Isaacs Kohl, penulis The Best Things Parents Do.

"Anak-anak juga ‘menempel’ pada gurunya karena mereka merasa khawatir terhadap apa yang akan terjadi di kelas berikutnya.”

Agar proses berpisah ini lebih menyenangkan, dan bukan malah membuat anak sedih:
 
- Minta anak menuliskan sesuatu. Dalam surat untuk gurunya, ia bisa menulis saat-saat yang paling disukainya pada tahun itu dan juga mengapa ia sangat senang berada di kelas. Hal ini bisa membantunya untuk menata perasaannya.

- Bicaralah ke guru. Guru mungkin sudah tahu bagaimana si kecil akan sulit melupakannya. Namun, jika Anda mengatakan hal ini padanya, bisa jadi guru bisa lebih membantu anak melalui masa peralihan ini.

- Berikan hadiah. Minta anak membuat sesuatu yang spesial untuk gurunya. Misalnya, gambar, dll.

- Tetap berhubungan baik. Bila anak berada di sekolah yang sama, katakan padanya bahwa ia masih bisa menemui gurunya kapan pun pada tahun ajaran berikutnya.

- Lihat ke depan. Yakinkan anak kalau ia akan menyukai kelas barunya, juga. Jika mungkin, Anda mampirlah ke sekolah untuk menemui guru baru anak. Jadi, anak mengerti bertemu guru baru dan memulai jalinan baru sama sulitnya berpisah dengan guru lamanya.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Berpisah dengan Guru Favorit