Bila Anak Bertanya Soal Seks

Jika anak bertanya hubungan seks itu apa? Atau Bagaimana sel telur bisa bertemu sperma? Mama bisa menjelaskan pada anak seputar seks dengan cara berikut ini:

Hubungan seks itu sebagai salah satu ekspresi kasih sayang dan cinta suami istri. "Kamu pernah lihat papa dan mama sayang-sayangan, nggak? (Mama tanya apa saja yang dia lihat). Papa dan mama ini adalah suami istri (tekankan kata-kata ‘suami istri’ untuk mengajarkan moral pentingnya ikatan untuk sebuah hubungan yang intim). Sebagai suami dan istri, kami punya cara untuk mengekspresikan  rasa sayang. Kalau kamu lihat, Papa pernah peluk Mama atau Mama cium Papa itu beberapa cara mengungkapkan kasih sayang dan cinta yang boleh dilihat orang, termasuk di depan kamu," kata Anda menjelaskan.

Mama bisa melanjutkan dengan, "Selain itu, Papa dan Mama juga ada cara khusus yang tak ingin dilihat orang lain. Kami  melakukannya di ruang tertutup dan dikunci. Nah, di situ sperma dari Papa dan sel telur Mama bertemu."
 
Catatan:
- Lihat wajah anak. Jika sudah cukup puas dengan jawaban itu hentikan penjelasan  hingga di situ. Tapi jika dia masih bertanya, misalnya: “Bagaimana sperma bisa bertemu?”. Mau tak mau, Anda menjelaskan lebih terbuka  lagi. Seperti: Tuhan menciptakan tubuh pria dan wanita itu sempurna untuk satu dengan yang lainnya. Seperti puzzle yang akan menyatu jika disatukan. Wanita punya vagina dan pria punya penis. Jika disatukan, ini yang akan membuat sperma bertemu sel telur.

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Bila Anak Bertanya Soal Seks

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia