Bila Anak Tak Mau Minta Maaf

Tanya:
Anak 7 tahun saya benar-benar keterlaluan. Kalau saya memintanya untuk minta maaf, ia akan mengatakannya dengan nada sinis. Apa solusinya? Zika - Bogor

Jawab:
Saya salut pada orang tua yang anaknya diajari untuk bertanggung jawab pada perbuatannya. Itu bagus dan sifatnya sangat positif. Hanya saja, memaksakan anak untuk meminta maaf tidak pas untuk anak usia ini,” kata Kim John Payne, M.Ed., pakar perilaku anak dan penulis Simplicity Parenting. Ada alasan seputar perkembangan tentang hal ini: Sebelum mereka berumur 8 atau 9 tahun, anak tidak bisa merasa benar-benar menyesal.

Respons yang lebih efektif adalah menyatakan ketidaksetujuan sambil memuji anak karena telah melakukan sesuatu yang sangat baik. Misalnya, “Biasanya, kamu menjaga adik kamu dengan baik.” Kata Payne, “Jika ketidaksetujuan diikuti dengan pernyataan yang positif, Anda akan mendapat anak yang suka membangkang atau yang sering merasa gagal dan sedih.”

Katakan pada kedua anak bahwa Anda akan membicarakan masalah ini setelah keduanya tenang. Pisahkan mereka, mungkin dengan cara memberi keduanya tugas ringan, dan dekati mereka sehingga mereka bisa menceritakan versi masing-masing. “Dengarkan saja, namun jangan berkomentar apa pun,” nasehat Payne. “Bila Anda bicara terlalu banyak, ini berarti Anda sudah berpihak dengan salah satu dari mereka.”

Pada akhirnya, katakan pada anak 7 tahun Anda kalau dia harus bersikap baik pada kakaknya, dan bertanya tentang ide yang dimilikinya. Ia bisa, misalnya, meminta si kakak untuk jalan-jalan bersama anjing mereka barengan. ‘Berbuat baik’ atau ‘melakukan semuanya dengan benar’ adalah frase yang lebih efektif untuk anak ketimbang mengatakan, ‘Maaf, ya’,” kata Payne. “Ini merupakan tindakan yang konkrit, bukan perasaan yang sifatnya abstrak.”

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Bila Anak Tak Mau Minta Maaf