Buku Aktivitas dan Acara Ramadan untuk Anak-anak



Ada banyak buku atau lembar aktivitas yang bisa membantu Anda untuk menjelaskan tentang Ramadan, puasa, serta agama kepada anak-anak, lho. Anda bisa memberinya sebagai materi edukasi atau pilihan aktivitas untuk mengisi waktu.
 
Berikut ini beberapa referensi buku/lembar aktivitas Ramadan untuk anak-anak. Eits, ada acara seru juga yang bisa diikuti anak Anda, lho!
 
BUKU AKTIVITAS




Teka-Teki Hari Ceria Islam: Ramadhan – Tiga Ananda
Buku ini bercerita tentang kegiatan sepasang kakak-adik, Nauval dan Icha di bulan Ramadan. Ada berbagai aktivitas menyenangkan bernilai ibadah yang mereka jalankan dalam buku ini. Awalnya, ada hal yang membuat malas. Namun ternyata, setelah dijalankan malah jadi semangat.
 
Anak-anak juga diajak memecahkan teka-teki seru yang akan dijumpai di buku ini. Ada bonus diorama juga, lho.




Buku Aktivitas Ramadhan – The Gang of Fur
Buku ini cocok untuk anak mulai usia 4 tahun. Tidak hanya soal Ramadan saja, activity book ini mengajak anak-anak untuk tracing, menemukan jalan, mencocokkan, menempel serta menulis huruf hijaiyah. Wah, lengkap, ya. Kabar baiknya lagi adalah halaman buku ini wipe and clean, sehingga bisa dipakai berulang-ulang.



Puasa, Marhaban Ya Ramadhan Elex Media Komputindo
Buku ini berisi pengetahuan sederhana tentang puasa. Ada banyak aktivitas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan motorik anak-anak. Anak-anak diajak untuk mewarnai, menggambar, menghitung, juga mencari perbedaan.
 
 

BUKU CERITA



Ramadhan Pertamaku – Hoopoe

Buku ini memberikan pengetahuan tentang bulan Ramadan pada anak-anak. Ada penjelasan tentang hilal sebagai penanda datangnya bulan Ramadan, sahur, berbuka, tarawih, sampai merayakan Idulfitri. Hard book ini cocok untuk balita yang ingin tahu tentang puasa.
 

LEMBAR AKTIVITAS/PRINTABLE




Ramadhan Ceria- Grace Melia
Blogger pengasuhan satu ini sering berbagi free printable. Anda bisa unduh gratis di http://www.gracemelia.com/2020/04/Ramadan-ceria-free-printable.html
 


Lembar Kegiatan Ramadhan – Indonesia Montessori
Ada juga printable yang bisa diunduh gratis. Tinggal pilih aktivitas yang sesuai dengan usia anak. Berikut tautannya https://indonesiamontessori.com/Ramadan-free-imcprintable-lebaran-idul-fitri/
 
ACARA ONLINE
Saat Ramadan, salah satu kegiatan yang ditunggu anak-anak adalah ikut pesantren kilat baik itu di masjid dekat rumah, sekolah, atau yayasan. Jangan berkecil hati, sebab di pandemi ini, tetap ada aktivitas Ramadan online yang bisa diikuti anak-anak.




Dongeng dan Aktivitas Virtual bersama @littlequokka dan @bebekbercerita Anak-anak pasti senang deh, mendengarkan dongeng. Jika mendaftar untuk sesi ini, anak-anak juga akan mendapatkan activity kit edisi Ramadan.
 


Festival Ramadan bersama Little Zam dan Mungilmu
Litle Zam dan Mungilmu mengakomodasi kebutuhan aktivitas Ramadan selama mereka harus di rumah saja. Ada berbagai pertemuan online dan aktivitas selama Ramadan, lho.
 
Baca juga:
Ajak Anak Olahraga saat Ngabuburit atau Setelah Buka Puasa
Cara Mona Ratuliu Ajari Anak Berpuasa
23 Ide Aktivitas Seru Agar Si Kecil Tak Bosan Selama #diRumahSaja
Aktivitas Ini Latih Kecerdasan Motorik Anak
 
 
 
LTF
FOTO: SHUTTERSTOCK, BUKALAPAK, SHOPEE, GRAMEDIA, Instagram @littlequokka, gracemelia.com, indonesiamontessori.com, festivalRamadan.com

 


Topic

#ramadanparentingina #ramadanprana #ramadanbulanmulia #ramadan #puasaramadan

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Buku Aktivitas dan Acara Ramadan untuk Anak-anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia