Cara Bantu Anak Adaptasi Sekolah Bilingual



Tanya : Sejak awal tahun ajaran kemarin, saya memindahkan Nathan (6) ke sekolah bilingual (Inggris – Indonesia) karena kami sekeluarga pindah rumah. Pelajaran matematika dan science disampaikan dalam bahasa Inggris. Meski anak saya mengerti bahasa Inggris, ia tetap kesulitan memahami dua mata pelajaran tersebut. Apa yang bisa saya lakukan untuk membantunya? —Cecil, Jakarta

Jawab : Pindah sekolah memang tidak mudah bagi sebagian anak. Ia harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Apalagi jika sekolah barunya memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Ia pasti membutuhkan waktu untuk dapat mengerti pelajaran yang disampaikan karena selama ini sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia. Mama bisa membantu anak dengan sering-sering mengajaknya membaca buku bahasa Inggris.

Pilih buku yang sesuai dengan usianya, baik itu buku cerita atau buku non fiksi yang berhubungan dengan science. Mempelajari vocabulary dalam matematika dan sains bisa juga dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya membuat flash card atau menghubungkan gambar dengan kata dalam bahasa Inggris. Ajak anak membahas kata-kata yang belum ia pahami dengan memberi contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Games tentang matematika maupun science juga sudah banyak tersedia. Cari dan unduh yang sesuai dengan kebutuhannya. Manfaatkan YouTube untuk mencari film-film yang berkaitan dengan pelajaran. Pilih yang menggunakan bahasa Inggris agar anak makin terbiasa mendengar kosakatanya.

Narasumber : Michelle, Primary 1 Homeroom Teacher Penabur International School

 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia