Cara Menyenangkan Bagi Anak Belajar Coding


Resminya, coding bermakna sebagai kegiatan menulis dan membaca kode agar bisa dipahami oleh komputer. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan coding, mulai dari membuat aplikasi di ponsel atau komputer, mengatur lampu lalu lintas di perempatan jalan, hingga memrogram sebuah mobil yang bisa berkendara sendiri di jalanan tanpa sopir.

Belakangan, kursus coding semakin menjamur, dan mulai menyasar anak-anak usia sekolah. Hal ini karena coding dapat membantu mengasah daya pikir komputasi secara logis dan matematis yang berguna bagi kemampuan bernalar. Belajar coding memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Meski tidak ada patokan umur untuk memulainya, Anda sebagai orang tua sudah bisa berpikir untuk memperkenalkan coding ketika si kecil sudah mulai memainkan gadget, seperti smartphone, tablet, dan komputer.
 
Memperkenalkan Coding pada Anak
Untuk anak-anak, proses belajar coding harus diawali dari yang paling mudah. Berbagai permainan sederhana bisa dijadikan langkah awal untuk memperkenalkan coding kepada si kecil. Berikut contoh permainan sederhana yang bisa Anda lakukan bersama si kecil untuk belajar coding:

Tujuan: Membuat sebuah robot bisa memakai topi sendiri.

Yang harus dilakukan: Minta si kecil untuk memberikan beberapa ‘perintah’ kepada robot, yang nantinya akan diterjemahkan oleh si robot menjadi beberapa gerakan. Misal, “Maju 3 langkah ke depan!”, “Angkat kedua tangan ke depan dada!”, “Ambil topi!”, “Angkat topi ke atas kepala!” Semakin spesifik perintah yang diberikan, semakin mudah bagi si robot untuk menerjemahkan perintah tersebut menjadi gerakan, hingga akhirnya tujuan akhir membuat si robot memakai topi sendiri pun tercapai. Itulah coding!
 

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cara Menyenangkan Bagi Anak Belajar Coding