Cerdas finansial

Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan finansial anak? Tentu saja harus dimulai dari Anda dulu. Jika Mama sudah cerdas finansial, anak dengan mudah akan belajar. Coba beberapa tip dari Sanjay Matay, seorang investment advisor dari moneycontrol.com:
 • Kenalkan uang sejak dini: bentuknya (koin dan kertas, besar dan kecil), warnanya, nilainya, kegunaannya, dll. Ketika berbelanja, bandingkan harga beberapa merek barang sekaligus, dan beritahukan anak mengapa Anda memilih salah satunya. Bisa karena harga atau kualitasnya.
 • Berikan uang saku mingguan. Artinya, ketika tengah minggu mereka sudah kehabisan uang, mereka bisa mendapatkan ‘pinjaman’ dari uang saku minggu depan. Bukan Anda tambahkan uang sakunya. Jika dua minggu berturut-turut kehabisan sebelum waktunya, biarkan sesekali mereka mengalami ‘kebangkrutan’, supaya mereka belajar untuk lebih menghargai uang.
 • Bukakan rekening bank jika jumlah uang anak cukup banyak di celengan. Cetak bukunya setiap bulan dan tunjukkan jumlah uangnya yang bertambah.
 • Bantu bikin budgeting. Minta anak menuliskan apa saja yang dia perlukan serta harganya masing-masing. Jumlahkan angkanya, dan bandingkan dengan jumlah uang yang bisa dibelanjakan. Anak akan belajar skala prioritas, yaitu dengan membedakan mana yang betul-betul ‘diperlukan’ dan mana yang sekadar ‘diinginkan’.
 • Tunjukkan tagihan kartu kredit Anda, agar ia tahu, membayar dengan kartu kredit bukanlah gratis. Perlihatkan pula cara Anda membayar tagihan kartu kredit, artinya, usahakan bayar lunas seluruh tagihannya setiap bulan.
 • Berikan imbalan tiap kali dia menunjukkan kecerdasan finansial. Misalnya, berikan ciuman termanis ketika dia menabung uangnya, atau berikan uang saku tambahan ketika di akhir minggu ternyata ia masih punya sisa uang saku.
 • Jangan selalu bicara nilai uang, agar anak tidak menilai Anda mata duitan atau terlalu pelit, dan justru akan membuat dia menilai uang secara negatif. Anda bisa saja menolak ketika ia minta dibelikan sesuatu, tapi tunjukkan, untuk uang sekolah atau untuk beli buku, Anda akan memberikannya dengan mudah.  
PAR 0408

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Cerdas finansial

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia