Efek Buruk Tidur Anak Tidak Teratur




Tahukah Ma, anak yang sering tidur larut malam ternyata akan mengalami ingatan yang lebih rendah dan kemampuan matematika yang kurang? Penelitian di University College London mendapati bahwa kurang tidur bisa mengacaukan ritme tubuh alami dan merusak kemampuan otak mempelajari informasi baru.

Anak-anak yang memiliki jam tidur tidak teratur cenderung memiliki nilai yang lebih buruk dalam pelajaran membaca, matematika, dan kesadaran spasial dibanding anak-anak seusianya yang memiliki jam tidur teratur.

Profesor Amanda Sacker, ketua penelitian mengatakan bahwa membiasakan diri untuk rutin mengajak anak tidur lebih awal dengan waktu yang ditentukan sangatlah penting.

Caranya? Cobalah untuk mengajak anak Anda bersantai sebelum mereka pergi tidur, misalnya dengan membacakan buku, dan memastikan semua perangkat listrik, seperti televisi, komputer, video games, gadget, sampai lampu kamar dimatikan sebelum mereka pergi tidur.

Menetapkan aturan tidur juga membantu anak-anak untuk memahami jam biologis mereka dengan baik. Jika setiap pukul 21.00 mereka sudah dibiasakan naik ke tempat tidur, hal inilah yang akan terus mereka lakukan setiap harinya. Jadi, jangan menunda untuk membiasakan anak Anda tidur lebih awal, ya.

Foto: Shutterstock
Updated: 2021


Topic

#usiasekolah #kesehatananak #pendidikan #sekolah #belajardarirumah

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Efek Buruk Tidur Anak Tidak Teratur