Ekspresikan Kasih Sayang Depan Anak

Rumah adalah tempat terbaik bagi anak untuk belajar mengenai cinta dan bagaiman hubungan antar pribadi yang positif.

Pernahkah saat Mama sedang berpelukan dengan Papa, atau mungkin Papa mencium Mama, lalu anak berkata, “Cieeee….”? Jika pernah, Mama dan Papa sebenarnya tidak perlu malu untuk menunjukkan kemesraan di depan anak, asalkan masih dalam batas kewajaran. Nyatanya, selain menambah kemesraan hubungan antara Mama dan Papa, memamerkan aksi mesra di depan anak merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan anak mengekspresikan rasa sayang atau cinta.

Memeluk, membelai, merangkul, hingga mencium, dapat menjadi referensi yang baik bagi anak saat ia besar nanti, saat ia mulai menjalin hubungan yang serius. Dengan menunjukkan hubungan rumah tangga yang hangat dan sehat, maka nantinya rumah tangga anak Anda juga akan harmonis karena ia sudah terbiasa mengungkapkan rasa sayangnya secara positif dan sesuai dengan masa-masa yang ia lalui.

Seorang psikolog dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Anna Surti S.Psi., M.Psi., mengemukakakan bahwa, ketika anak memahami bahwa hubungan orang tuanya harmonis dan penuh cinta, ia akan merasa lebih aman dan nyaman. Kemudian, rasa aman itulah yang kemudian akan menjadi dasar rasa percaya diri pada anak, sehingga nantinya ia lebih mandiri, mudah bersosialisasi, berprestasi, dan disiplin.

Selain itu, pada dasarnya, setiap anak kemungkinan memilki ketakutan apakah orang tua mereka akan berpisah. Nah, dengan memperlihatkan kemesraan sebagai pasangan suami istri di depan anak, dapat meyakinkan anak bahwa Anda dan pasangan memang saling mencintai. Boleh juga saat Anda sedang berpelukan dengan pasangan, ajak anak masuk ke dalam pelukan sehingga anak juga merasa dicintai oleh Mama dan Papanya sehingga membentuk ikatan keluarga yang hangat dan harmonis.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia