Hati-hati, Kandungan Kuman di Botol Minum Anak


Jangan malas mencuci botol minum anak setiap ia pulang sekolah, Ma. Banyak mama yang hanya membilas botol minum anak — bahkan tidak mencucinya! — karena merasa botol tersebut bersih dan hanya diisi air putih. Padahal, menurut penelitian terbaru, botol minum bisa terpapar bakteri lewat mulut anak ataupun keran dispenser ketika mengisi ulang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa botol minum dengan model slide top ditemukan memiliki kandungan kuman tertinggi, yaitu bakteri coccus gram positif, yang dapat menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, dan keracunan darah. Bakteri bisa bersembuyi di sela-sela tutup botol yang kadang lupa dibersihkan. Kondisi lembap akibat tidak dicuci itulah yang diduga menjadi penyebab berkembangnya bakteri.

Solusinya, selain rajin mencuci botol minum anak, peneliti menyarankan untuk menghindari botol minum yang memiliki banyak celah kecil, sehingga sulit dijangkau saat proses pembersihan. Botol minum berbahan stainless juga lebih disarankan dibandingkan yang berbahan plastik. (foto: 123rf)

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Hati-hati, Kandungan Kuman di Botol Minum Anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia