Jelajahi Kantor Pos Cikini dengan Anak, Seru!

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda pergi ke kantor. Bisa jadi, kebanyakan Mama menjawab "Lupa", karena sudah bertahun-tahun tidak ke gedung yang identik warna oranye dan berlogo burung itu.

Mungkin orangtua kita dulu bisa rutin menyambangi kantor pos. Entah itu, untuk mengirimkan surat, paket atau bahkan menabung. Tapi, tak bisa dipungkiri di zaman teknologi yang makin canggih ini peran kantor pos makin 'meluntur'.   

Jika kita sudah makin jarang ke kantor pos, bagaimana dengan anak kita? Agar anak juga tahu apa itu kantor pos dan segala isinya, coba ajak mereka ke Kantor Pos Cikini, yuk!

Berbeda dari kantor pos lainnya, kantor pos berlokasi di 'pertemuan' Jl Cikini, Jl Kalipasir, dan Jl Gondangdia ini termasuk salah satu gedung bersejarah di Jakarta. Di bagian depan, terlihat dua tiang penyangga dengan ukiran horizontal berbentuk cincin, memperlihatkan kekhasan bangunan Belanda.

Sedangkan di dalam ruangan, terlihat atap yang tinggi, teralis khas Belanda yang kekar, sejumlah lampu neon yang menggantung (tidak menempel di atap), dan di atas pintu masuk tersusun empat susun kaca nako berjejer dengan rapi. Di gedung bergaya art nouveau ini semua masih sama seperti dulu, berdisri sejak zaman kolonial Belanda.

Sayangnya, kantor pos yang dulu dikenal dengan nama Tjikini Post Kantoor ini tutup di akhir pekan. Agar bisa ke sana bersama anak, rencanakan mengambil cuti, dan ajak si kecil ke sana setelah ia pulang sekolah. Minta juga si kecil membuat surat untuk teman atau saudaranya untuk dikirim lewat kantor pos ini. Dijamin seru! (Petty Lubis)

Baca juga artikel Akhir Pekan 'Cikini', membahas tempat-tempat menarik lainnya yang dapat dikunjungi bersama anak di Majalah Parenting edisi Januari 2012. 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia