Kembangkan Bakat Anak Lewat Kursus Manga


Si kecil suka sekali nonton film animasi asal Jepang, mulai dari Doraemon, Naruto, Astro Boy, Pokemon, Inuyasha, dsb. Berawal dari kesukaannya nonton tersebut, bisa jadi ia tertarik dengan manga alias komik Jepang. Tokoh pada manga ini biasanya memiliki ciri khas yang unik, seperti mata besar, mulut kecil, dan hidung lancip. Keunikan inilah yang membuat si kecil jadi suka mencoba-coba menggambar tokoh manga favoritnya. Nah, kenapa tidak mencoba mengembangkan minat anak ini, Ma? Siapa tahu, anak bisa menjadi mangaka, sebutan untuk pelukis manga. Apalagi, industri perfilman yang berbasis manga ini diprediksi akan semakin berkembang di masa mendatang.

Diawali dengan mewarnai manga
Awalnya, anak tidak akan langsung belajar membuat gambar manga. Biasanya kursus manga dimulai dari kelas mewarnai gambar manga yang ditujukan untuk anak-anak usia 4 – 6 tahun. Kelas mewarnai ini bertujuan melatih kemampuan motorik tangan anak untuk menghasilkan sinergi antara koordinasi mata dan tangan, karena untuk bisa membuat sebuah karya gambar manga yang baik, pastilah dibutuhkan tangan yang luwes dalam menggambar. Latihan mewarnai ini juga kesempatan bagi anak untuk belajar memegang pensil dengan cara yang tepat. Mewarnai juga dapat dipakai sebagai rangsangan untuk menumbuhkan minat anak dalam menggambar dan mengenal keindahan warna.

Tahapan menggambar manga
Setelah si kecil melewati tahap kelas mewarnai manga, atau jika usianya sudah di atas 6 tahun, ia bisa mulai belajar menggambar manga yang sesungguhnya. Tahap belajar menggambar manga ini kemudian dibagi-bagi lagi berdasarkan level kemampuan, mulai dari level dasar, menengah, hingga profesional. Di level dasar, si kecil akan dilatih kemampuan dasarnya dalam menggambar, misalnya dengan cara meniru gambar dan membuat cerita dari sebuah gambar. Di level ini, anak akan belajar menggambarkan karakter yang mempunyai ekspresi, bahasa tubuh, atau gerakan yang menggambarkan kehidupan sehari-hari.

Di level selanjutnya, barulah anak akan diajarkan cara menggambar karakter manusia dengan menggunakan kerangka. Penggunaan kerangka dalam proses sketsa ini sangat membantu ketika kita ingin menggambar karakter dalam pose apa pun, misalnya menggambar kepala yang sedang menunduk atau mendongakkan kepala, membuat karakter kita berjalan, berlari dan sebagainya. Kemudian di level profesional, anak akan diajarkan cara membuat manga mulai dari konsep ide, mengarang plot cerita, membuat karakter, memberi penintaan, arsiran dan efek-efek lainnya, hingga ia bisa menghasilkan manganya sendiri.

KURSUS DI MANA?
MACHIKO MANGA SCHOOL
Jl. Kemang Raya, Jakarta Selatan
Telp. 021-7181683

FIRST ONE EDUCATION CENTRE
Ruko Sentra Niaga Puri Indah Blok T6 no. 30, Jakarta Barat
Telp. 021-5818188

STUDIO MANGA ROKYU
Komplek Pakuan Regency Cluster Jayadewata Blok K No. 14, Bogor
Telp. 0815-10068526

Baca juga : Keuntungan Anak Kembangkan Bakat Seni

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Kembangkan Bakat Anak Lewat Kursus Manga