Lakukan 4 Hal Ini Saat Dukung Anak Olahraga

Anak tidak bersungguh-sungguh saat menendang bolanya? Inilah tip untuk mendukung anak berprestasi di bidang olahraga ala Joel Fish, Ph.D., penulis 101 Ways to Be a Terrific Sports Parent:

- BERI SEMANGAT. Perhatikan berbagai hal yang sudah dijalani si kecil, yakni cara ia menjaga tubuhnya agar tetap fit, belajar berbagai keterampilan baru, atau bersikap sportif. Dari sini, Anda harus menyemangati ia agar terus mencoba. Anda bisa bilang, “ Wah..., Kamu anggota tim yang baik. Mama benar-benar bangga. Kamu pasti bisa lain kali!”

- LAKUKAN ANALISIS, DAN BUKAN MENGKRITIK. Dibandingkan hanya berteriak-teriak, bertanyalah kepada anak mengapa ia tidak berhasil memenangkan lomba atau apa yang seharusnya bisa ia lakukan untuk mendapat hasil yang lebih baik lagi.

- TURUNKAN EKSPEKTASI ANDA. Sering kali, Anda terlalu fokus melihat atlet profesional, sehingga berharap si kecil memiliki fokus dan disiplin yang sama. Anda bisa saja memberi ia peranti olahraga terbaik, namun anak Anda, kan, masih berumur 8 tahun?

- BIARKAN IA BERHENTI. Bila anak Anda terlihat enggan meneruskan olahraga yang sudah ia jalani selama bertahun-tahun, ini bukan akhir dari segalanya. Anak tumbuh sangat cepat, sehingga belum perlulah ia melakukan spesialisasi olahraga tertentu pada usia semuda ini.

Baca juga: Makanan Sehat Buat Atlet Cilik

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Lakukan 4 Hal Ini Saat Dukung Anak Olahraga