Latih Anak Pintar Menjaga Diri

Mendidik anak menjadi street smart alias pintar menjaga diri, juga tak kalah penting dari mengajarinya membaca dan berhitung, kata D’Arcy Lyness, Ph.D, psikolog anak dari Pennsylvania, Amerika,

- Beritahu lokasi. Ini berarti dia harus minta izin dulu pada orang tua, guru, atau pengasuhnya sebelum pergi bersepeda, main ke rumah teman, atau pergi jalan-jalan bersama kakek, nenek, atau siapa pun juga.

- Tidak pergi sendirian. Katakan pada si kecil untuk mengajak temannya jika ingin bermain di luar rumah. Bermain berdua, apalagi bersama sekumpulan teman, akan lebih menyenangkan dan aman baginya ketimbang sendirian.

- Hindari tempat sepi. Tempat-tempat yang sepi, seperti rumah kosong atau jalan kecil yang gelap termasuk dalam kategori tempat yang tak boleh dikunjunginya.

- Definisikan orang asing. Beritahukan padanya siapa saja yang layak dipercaya dan mana yang masuk kategori orang asing. Orang tak dikenal yang kelihatannya baik—berbicara dengan tutur kata manis atau memberi permen, tetap saja masuk kategori orang asing yang mesti diwaspadai.

- Serahkan pada orang dewasa. Menolong orang lain memang perbuatan mulia. Tetapi, orang dewasa yang bertangung jawab pasti akan minta pertolongan pada sesama orang dewasa, bukannya anak-anak. Jadi, ajari anak untuk menjauh dari orang asing yang minta diantar mencari alamat, minta ditemani mencari uang yang hilang, hewan peliharaan yang kabur, dll.

- Menjauh dari mobil asing. Sekali tergoda untuk masuk ke dalam kendaraan milik orang tak dikenal, akan kecil kemungkinan bagi anak-anak untuk melarikan diri darinya. Ajari anak untuk tidak menumpang ataupun sekadar melihat-lihat kendaraan milik orang asing.

- Berteriak kala terancam. Senjata utama yang dimiliki anak-anak kala terancam adalah suara mereka yang nyaring melengking. Jadi, ketika merasa dirinya terancam, ajari si kecil untuk menjerit sekeras-kerasnya meminta tolong.

- Percaya insting. Anak-anak tidaklah senaif yang dibayangkan orang. Meski tak mampu menjelaskan, mereka bisa mendeteksi gelagat tak baik yang ditunjukkan orang lain. Jika merasa tidak nyaman, ajari anak untuk segera ambil langkah seribu dan mencari tempat yang aman.

 





Video

Behind The Scene - Cover Parenting Indonesia Agustus 2017


Polling

Latih Anak Pintar Menjaga Diri

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia