Manfaat 7 Kebaikan Kecerdasan Moral Anak

Menurut Nessi,seorang psikolog anak dan keluarga, kebaikan-kebaikan untuk kecerdasan moral akan melindungi anak agar tetap berada di jalan yg benar dan membantu anak agar selalu mengutamakan moralnya dalam setiap tindakan. Dan yang paling penting, semua kebaikan ini dapat diajarkan, dicontohkan, hingga akhirnya ditiru oleh anak.

1. Empati
Kebaikan ini membuatnya menjadi peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain, mendorongnya menolong orang yang kesusahan/kesakitan, serta menuntutnya memperlakukan orang dengan kasih sayang.

2. Hati nurani
Kebaikan ini membentengi anak dari pengaruh buruk dan membuatnya mampu bertindak benar meski ada godaan untuk melakukan hal yang sebaliknya

3. Kontrol diri
Kebaikan ini membantu anak menjadi mandiri karena ia tahu bahwa dirinya bisa mengendalikan tindakannya sendiri.

4. Menghormati orang lain
Jika anak terbiasa bersikap hormat terhadap orang lain, maka ia akan memperhatikan hak-hak serta perasaan orang lain, dan pada akhirnya ia juga akan menghormati dirinya sendiri.

5. Kebaikan hati
Dengan mengembangkan kebaikan ini, anak menjadi lebih berbelas kasih dan tidak terlalu memikirkan dirinya sendiri, serta menyadari perbuatan baik sebagai tindakan yang benar.

6. Toleransi
Kebaikan ini membuat anak memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh pengertian, menentang  permusuhan, kekejaman, kefanatikan,  serta menghargai orang-orang  berdasarkan karakter mereka.

7. Keadilan
Kebaikan ini meningkatkan kepekaan moral anak, ia akan terdorong membela pihak yang diperlakukan secara tidak adil dan menuntut agar semua orang tanpa memandang suku, bangsa, budaya, status ekonomi, kemampuan/keyakinan diperlakukan setara.


 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia