Manfaat dari Lagu Anak-anak

Banyak orang dewasa, khususnya yang bersentuhan langsung dengan anak-anak, yaitu orang tua dan guru, yang belum memahami manfaat musik dan lagu bagi perkembangan si kecil. Beberapa mama mungkin mendengarkan Mozart saat hamil dengan harapan si kecil akan tumbuh menjadi anak yang pintar. Padahal, mendengarkan lagu tidak cukup berhenti di situ saja. Beberapa manfaat lagu anak untuk tumbuh kembang si kecil menurut Anyi adalah:
  • Sarana komunikasi, Menyanyikan lagu Nina Bobok setiap kali akan tidur malam membuat si kecil paham bahwa sudah waktunya untuk naik ke tempat tidur. Atau, jika ingin menasehati si kecil untuk segera mandi dan membereskan tempat tidur, coba nyanyikan lagu Bangun Tidur ciptaan Pak Kasur. Anak-anak akan lebih mudah menangkap pesan yang Mama sampaikan ketimbang mendengar omelan Anda. Berkomunikasi melalui lagu akan membuat hati Mama dan si kecil senang serta informasi bisa diserap dengan mudah.
  • Sarana pendidikan, Ada begitu banyak lagu-lagu anak yang memiliki ‘misi’ untuk mengajarkan si kecil sesuatu. Misalnya, saat ia belajar berhitung, cobalah sambil menyanyikan lagu Satu Ditambah Satu. Melalui lagu, si kecil juga bisa belajar kosakata baru yang akan memperkaya bahasanya.
  • Sarana untuk mendekatkan hubungan, Ketika Mama menyanyikan lagu anak yang sederhana dan positif, akan timbul perasaan senang. Dan, si kecil yang mendengarkannya pun ikut senang. Kelekatan emosional antara mama dan anak pun terjalin dengan baik. Yang pasti, anak-anak akan terkenang ketika ia masih kecil dan dibangunkan dengan nyanyian oleh mamanya, bukan dengan paksaan dan omelan.
Photo : Getty Images

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Manfaat dari Lagu Anak-anak