Manfaat Yoga untuk Fisik dan Pikiran Anak

Menurut Tina Maladi, pendiri Kids Yoga Jakarta, ada banyak sekali manfaat yoga bagi anak, diantaranya membantu mereka meningkatkan konsentrasi dan fokus serta memberikan sarana pada anak-anak untuk melepas stres. Yoga juga dapat meningkatkan body awareness pada anak melalui pengenalan terhadap anatomi tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri. Yoga membantu anak secara fisik maupun pikiran.

Bagi fisik, yoga bagi anak-anak memberi manfaat yang kurang lebih sama dengan orang dewasa, antara lain:


• Meningkatkan kekuatan otot, membuat tubuh kuat, lentur, dan rileks.

• Menyeimbangkan produksi hormonal dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

• Mengolah tulang punggung dan sistem saraf pusat dan meningkatkan koordinasi tubuh.

• Memperdalam napas, dengan demikian meningkatkan asupan oksigen yang akan melancarkan kinerja organ tubuh, juga meningkatkan konsentrasi dan ketenangan pikiran.

Sedangkan bagi mental dan pikiran, yoga bagi anak bermanfaat untuk:

• Memberi sensasi feel good, meningkatkan rasa menghargai diri sendiri serta kemampuan untuk berekspresi sehingga dapat mengoptimalkan minat dan bakat yang dimiliki seorang anak.

• Mengasah daya imajinasi dan empati anak. Melakukan pose-pose yoga yang cukup banyak memakai nama hewan, tumbuhan, dan benda-benda alam lain, sambil membayangkan benda aslinya, akan membuat daya imajinasi mereka berkembang.

• Melatih anak-anak untuk memiliki disiplin diri, sebagaimana  yang terlihat dari cara berlatih yoga. Latihan yoga ‘menuntut’ setiap gerakan dilakukan dengan teliti dan hati-hati, menahan beberapa pose, dan melakukan teknik napas dengan baik.

• Membangun komunikasi dan kedekatan di antara anggota keluarga. Latihan yoga yang dilakukan bersama, ibu – anak – bahkan nenek, bisa jadi bahan obrolan atau diskusi yang baik.


Foto : Getty Images

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Manfaat Yoga untuk Fisik dan Pikiran Anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia