Manfaat Yoga untuk Fisik dan Pikiran Anak

manfaat yoga untuk anak

Mungkin Anda berpikir yoga lebih tepat untuk orang dewasa. Ternyata tidak demikian. Anak-anak pun sudah bisa berlatih yoga dan memetik manfaatnya. Sama dengan orang dewasa, yoga bermanfaat bagi fisik dan mental anak.
 
Hal ini dikatakan pula oleh Tina Maladi, pendiri Kids Yoga Jakarta. Menurutnya, ada banyak sekali manfaat yoga bagi anak, di antaranya membantu mereka meningkatkan konsentrasi dan fokus serta memberikan sarana kepada anak-anak untuk melepas stres. Anak-anak juga bisa stres, lho, Ma…. Coba cek di sini juga 4 Pemicu Anak Stres.
 
Manfaat untuk fisik, yoga juga dapat meningkatkan body awareness pada anak melalui pengenalan terhadap anatomi tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri.  Anak akan memiliki kendali terhadap tubuhnya dan meningkatkan kekuatannya. Oleh karena itu, yoga juga bisa menolong anak-anak berkebutuhan khusus, seperti autis, untuk meningkatkan body awareness dan fokusnya. Untuk mengetahui lebih jauh manfaat yoga untuk anak dengan autisme, bisa dibaca di sini.
 
Gerakan-gerakan yoga untuk anak bisa jadi berbeda dari yang biasa dilakukan orang dewasa, atau dilakukan modifikasi, disesuaikan kondisi anak. Gerakan-gerakannya harus dibuat sederhana, menyenangkan, namun memberikan manfaat yang besar. Alasannya, anak-anak kecil tidak cukup terkoordinasi untuk melakukan gerakan yoga yang serius, atau mampu mengikuti instruksi yang rumit. Namun demikian, begitu anak Anda bisa meniru Anda—sekitar usia dua tahun—ia bisa belajar beberapa postur yang tenang dan fun, demikian menurut guru yoga Marsha Wenig, pengarang buku Yoga Kids

Karena itu, yoga anak tampak seperti bermain. Anak-anak biasanya diajak berimajinasi saat bergerak. Dengan panduan guru mereka melakukan gerakan-gerakan yang seolah menirukan hewan-hewan lucu, pohon yang kokoh, dan sebagainya. Kendati seperti bermain dan tidak seserius orang dewasa, gerakan-gerakannya tetap memberi manfaat yang baik bagi anak.
 
Baca juga: 5 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Fokus Anak
 
Berikut ini beberapa manfaat yoga bagi fisik dan mental atau pikiran anak.
 
FISIK
Secara fisik, yoga bagi anak-anak memberi manfaat yang kurang lebih sama dengan orang dewasa, antara lain:

• Meningkatkan kekuatan otot, membuat tubuh lebih kuat, sekaligus lentur dan relaks.

• Menyeimbangkan produksi hormonal dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

• Mengolah tulang punggung dan sistem saraf pusat, serta meningkatkan koordinasi tubuh.

• Memperdalam napas, dengan demikian meningkatkan asupan oksigen yang akan melancarkan kinerja organ tubuh, juga meningkatkan konsentrasi dan ketenangan pikiran.


MENTAL DAN PIKIRAN
Sudah sering dikatakan bahwa yoga memiliki manfaat sangat luas bagi kesehatan mental dan pikiran. Ketika anak bisa melakukan yoga, maka ia akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

• Memberi sensasi menyenangkan (feel good), meningkatkan rasa menghargai diri sendiri serta kemampuan untuk berekspresi, sehingga dapat mengoptimalkan minat dan bakat yang dimiliki seorang anak.
 
Baca juga: 3 Pose Yoga Ini Bikin Anak Lebih Ceria

• Mengasah daya imajinasi dan empati anak. Melakukan pose-pose yoga yang cukup banyak memakai nama hewan, tumbuhan, dan benda-benda alam lain, sambil membayangkan benda aslinya, akan membuat daya imajinasi mereka berkembang.

• Melatih anak-anak untuk memiliki disiplin diri, sebagaimana  yang terlihat dari cara berlatih yoga. Latihan yoga ‘menuntut’ setiap gerakan dilakukan dengan teliti dan hati-hati, menahan beberapa pose, dan melakukan teknik napas dengan baik. Memang anak melakukannya secara menyenangkan dan tidak dipaksa, namun lama-lama mereka terbiasa mengikuti gerakan, mendengarkan tubuh mereka, mengukur kemampuan dan meningkatkannya.

• Membangun komunikasi dan kedekatan di antara anggota keluarga. Latihan yoga bisa dilakukan dengan semua anggota keluarga di rumah. Tidak hanya mama, anak juga bisa melakukannya bersama papa, nenek, dan kakek. Sambil berlatih, komunikasi dan interaksi terus dilakukan dalam suasana gembira. Setelah yoga selesai, semua hal yang dilakukan bisa jadi bahan obrolan atau diskusi yang baik juga.

Baca juga:
Teknik Yoga Aman untuk Anak
Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Anak Yoga
Gerakan Yoga untuk Anak
Yuk, Yoga Bersama Anak!
Anak Sehat Berkat Yoga

Foto: Freepik
Updated: 2021

 


Topic

#usiasekolah #kesehatananak #parenting

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Manfaat Yoga untuk Fisik dan Pikiran Anak