Membesarkan Anak Senang Masak

Acara lomba memasak kini tengah menjadi tontonan populer di televisi. Saking populernya, kini banyak anak yang mengaku punya cita-cita menjadi koki! Bukan tak mungkin, si kelas 1 SD Anda minta dinobatkan sebagai sous chef Anda di dapur!

Jangan melarangnya Ma, karena ajang memasak bersama bermanfaat mempererat bonding antara Anda berdua. Apa saja yang perlu disiapkan?

- Busana yang tepat. Berhubung kemungkinan untuk mengotori pakaian amat besar, mintalah anak menggunakan apron atau baju lama yang sudah hampir turun kelas menjadi kain lap. Ja-ngan kenakan baju longgar, karena berisiko menyambar benda-benda di sekelilingnya, termasuk tersambar api kompor.

- Pilih resep yang mudah. Untuk pertama kali, pilihlah jenis masakan yang mudah disiapkan dan ’antigagal’, seperti telur rebus atau roti bakar lapis keju. Kesuksesan membuatnya adalah prestasi yang akan membakar semangatnya untuk memasak lagi di lain waktu. Tambah tingkat kesulitannya seiring waktu dan kemampuan anak Anda. Berikan pujian, seperti apa pun hasil masakannya.

- Batasi ruang gerak. Berikan batasan mengenai jenis aktivitas yang boleh dilakukannya saat memasak. Misalnya, menyalakan kompor dan membuka oven panas adalah tugas Anda, sementara anak diizinkan menimbang bahan-bahan, mengaduk adonan kue, dan mengoleskan mentega pada loyang. Seiring bertambahnya pengalaman dan usia, Anda bisa memberi tugas yang lebih sulit, termasuk yang berurusan dengan kompor.

- Buat proyek kecil mingguan. Jadikan memasak sebagai acara khusus ibu dan anak yang selalu dinantikan olehnya. Izinkan anak memilih sendiri masakan yang ingin dibuatnya di akhir pekan nanti.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Membesarkan Anak Senang Masak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia