Mengukur Prestasi Anak di Sekolah


Tanya:

Sekolah anak saya tak mencantumkan ranking di dalam rapornya. Padahal menurut saya, ranking di rapor bermanfaat untuk mengetahui di level mana anak berada di antara teman-teman sekelasnya. Kalau tidak ada ranking, bagaimana kami para orang tua tahu prestasi anak kami berada di level mana?
— Firly Andara, Jakarta

Jawab:
Rapor tanpa ranking menunjukkan bahwa setiap anak itu istimewa. Tiap anak dilahirkan dengan potensi kecerdasan masing-masing. Ranking yang kita kenal selama ini hanya berfungsi untuk menunjukkan kecerdasan anak secara akademis. Padahal, di luar kecerdasan akademis, anak juga harus cerdas secara spiritual, emosional, memiliki life skill, dan kemampuan bersosialisasi yang baik.

Orang tua dapat mengetahui sejauh mana prestasi anak di kelas dengan cara:
1. Menjalin komunikasi dan menggali informasi dari wali kelas mengenai potensi kecerdasan apa yang dimiliki anak.

2. Sebenarnya tanpa ranking sekalipun, orang tua dapat melihat secara langsung prestasi si kecil di rapor melalui data kuantitatif (melihat nilai anak apakah sudah di atas KKM dan rata-rata kelas per pelajaran) dan data kualitatif (terdapat narasi yang menerangkan sikap dan cara kerja anak dalam pencapaian prestasi selama semester berjalan).

Foto: Fotosearch

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia