Menjelaskan Kematian Pada Anak

Kematian merupakan topik yang mengerikan bagi orang tua, sehingga anak-anak seringkali luput dilibatkan. Padahal, anak merasa takut dengan kematian jika tidak dijelaskan dengan benar.

Berikut berbagai tip untuk membantu anak melalui hal ini:

- Pastikan apa sebenarnya yang dirasakan anak. “Anak mungkin merasa sedih atau marah hingga mungkin saja merasa ingin tahu atau bahkan merasa senang,” kata Shannon Karl, anggota dari American Counseling Association.

- Biarkan anak tetap pada jadwal sehari-harinya. Jika segala sesuatunya berjalan sesuai rutinitas, ia akan merasa lebih nyaman.

- Persiapkan mereka: “Biarkan anak tahu secara detail bagaimana proses pemakaman akan berlangsung, berikan mereka memilih apakah ingin ikut atau tidak dalam proses tersebut, serta pastikan ada seseorang yang akan selalu menemaninya sepanjang proses tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap dirinya,” tutur Matthew Lorber, acting director Child and Adolescent Psychiatry di Lenox Hill Hospital, New York City.

- Bacakan buku tentang kematian sesuai dengan usianya. Hal ini akan membantu anak untuk lebih memahami kehilangan seseorang yang disayanginya.

- Buatlah projek sebagai kenangan dari orang yang sudah meninggal, seperti membuat buku memori, melepaskan balon berisi surat, atau membuat bantal kecil dari baju orang tersebut.

- Jagalah diri Anda sendiri, sehingga Anda bisa membantu anak. Jika perlu, cari bantuan.

Foto: Foto Search

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Menjelaskan Kematian Pada Anak