Menstruasi Anak Remaja Tidak Teratur, Kapan Harus Periksa?

menstruasi tidak teratur


Anak perempuan Mama sudah menstruasi? Normalnya, menstruasi pertama dialami oleh anak perempuan pada rentang usia 10-15 tahun. Umumnya, menstruasi dialami seorang anak perempuan sekitar dua tahun setelah tanda awal pubertasnya seperti pembesaran payudara, kenaikan berat badan dan tinggi badan yang signifikan, atau pun tumbuhnya rambut pubis.
 
Menghitung Siklus Menstruasi
Begitu mengalami menstruasi pertama, anak-anak perlu diedukasi mengenai bagaimanakah siklus menstruasi dan bagaimana cara menghitungnya. Ini bertujuan agar anak remaja Mama mengenali apakah siklus menstruasinya berjalan teratur.
 
Untuk mengetahui siklus menstruasi, yang perlu dilakukan oleh anak remaja Mama adalah:

  • Mencatat tanggal pertama menstruasi.
  • Menghitung rentang waktu antara hari pertama menstruasi terakhir sampai hari pertama menstruasi berikutnya.
 
Siklus menstruasi yang paling umum adalah 28 hari. Akan tetapi, rentang waktu siklus 21-35 hari juga masih dianggap normal. Lamanya waktu menstruasi normalnya adalah tiga sampai tujuh hari. Selama menstruasi, tubuh perempuan mengeluarkan darah sebanyak 30-40 ml darah atau yang setara dengan 3-5 sendok teh.
 
Baca juga: Sudah Puber, Yang Perlu Didiskusikan dengan Anak tentang Seksualitas
 
Menurut dr. Aditya Suryansyah, Sp.A(K), Spesialis Anak, konsultan Endokrinologi Anak, di awal menstruasi masih wajar bila seorang anak perempuan belum memiliki siklus yang teratur. “Kadang-kadang maju mundur, kadang-kadang ada mens, kadang-kadang tidak, ujarnya.
 
Ia menjelaskan bahwa proses seorang anak perempuan mengalami menstruasi pertama hingga mencapai siklus yang normal biasanya membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun. “Itu (bergantung pada) kesempurnaan di hormonnya sendiri. Saya kira satu sampai dua tahun (belum teratur mens) itu masih wajar,” sambungnya.
 
Ketahui 4 Tanda Siklus Menstruasi Sehat
 
Kapan Harus Periksa?
Dokter Adit menyampaikan bahwa rambu-rambu anak harus diperiksakan adalah ketika tidak lagi mengalami menstruasi selama tiga bulan berturut-turut. Ia menerangkan bahwa anak perlu menjalani pemeriksaan apakah hal itu karena hormonnya atau ada masalah.
 
Di samping itu, kondisi lain yang juga perlu diperiksakan adalah ketika menstruasi anak berjalan sampai sepuluh hari. “Diperiksakan saja. Khawatir dia mengalami anemia,” ucapnya.
 
Bila Mama ingin mengetahui masalah menstruasi yang tidak normal, Mama bisa klik di sini.
 
Baca juga:
Memilih Olahraga Tepat Sesuai Siklus Menstruasi
Pertanyaan Anak Seputar Menstruasi
Jika Anak Terlalu Cepat Dewasa, Terapkan Strategi Ini
Personal Hygiene yang Harus Diajarkan kepada Anak Praremaja
Anak Ingin Pakai Skin Care, Simak Dos & Don’ts Ini


Lela Latifa
Foto: Freepik


Topic

#usiasekolah #kesehatananak #pubertas #tumbuhkembang

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Menstruasi Anak Remaja Tidak Teratur, Kapan Harus Periksa?