Meredakan Nyeri Growing Pains Anak

Bila anak Anda mengalami gejala growing pains, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menjajaki kemungkinan bahwa rasa sakit pada kaki yang dialami oleh anak terjadi karena penyebab lain.

Nah, jenis-jenis pemeriksaan lanjutan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter meliputi tes kepadatan tulang, cek darah untuk mengamati kondisi tubuh secara keseluruhan, serta pemeriksaan rontgen untuk mendeteksi adanya kelainan fisik pada susunan tulang anak.

Upaya lain yang bisa dilakukan untuk meredakan keluhan nyeri pada penderita growing pains, antara lain:

- Pada penderita growing pains yang disertai pula dengan tanda dan gejala alergi seperti pilek berkepanjangan, diare, dan sebagainya, dokter akan meminta si kecil menghentikan konsumsi jenis makanan tertentu yang bersifat alergen dalam jangka panjang.

- Asupan suplemen kalsium pada penderita growing pains yang memiliki kepadatan tulang rendah. Ada kemungkinan bahwa diet yang diperkaya dengan asupan kalsium dan vitamin D bisa mempengaruhi kondisi tulang serta episode nyeri yang dialami anak.

- Untuk anak-anak penderita growing pains dengan ambang nyeri yang lebih rendah dibandingkan anak-anak lainnya, dokter bisa melakukan terapi perilaku kognitif serta program aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran anak yang bersangkutan.

- Penggunaan sisipan alas tambahan pada sepatu, seperti wedges triplane atau orthotics, terutama pada anak-anak dengan kelainan postur telapak kaki.
-    Latihan peregangan (stretching) terkadang bermanfaat mengurangi frekuensi munculnya rasa sakit karena bisa meningkatkan kelenturan otot-otot kaki.

- Kompres hangat di daerah otot yang terasa sakit sebelum tidur atau ketika anak mulai mengeluh kakinya sakit. Mandi air hangat sebelum tidur juga terkadang bisa membantu mengurangi rasa sakit yang dialaminya.

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Meredakan Nyeri Growing Pains Anak

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia