Perhatikan 8 Hal Ini Jika Anak Suka Nonton YouTube


Anak masa kini lebih sering menonton film atau mendengarkan lagu lewat YouTube. Ada banyak jenis film dan lagu yang bisa ditonton anak. Sayang, sekalipun orang tua sudah berupaya mengawasi, tetap ada saja beberapa konten yang tak layak untuk anak. Mama bisa menerapkan beberapa langkah di bawah ini untuk mencegahnya.

1. TONTON BERSAMA ANAK
Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan adalah menonton video bersama anak. Orang tua harus mendampingi anak dalam menonton, sehingga yang dilihat anak lebih terkontrol. Meski sudah difilter, kadang ada konten yang tidak layak tetap tampil atau kadang ada iklan yang tidak sesuai tiba-tiba muncul. Lebih baik lagi bila Anda bisa menontonnya bersama anak. Ini juga menjadi waktu yang tepat untuk berdiskusi bersama anak. Tanyakan hal-hal yang ingin mereka pelajari. Jika anak masih kecil, bantulah memasukkan kata kunci yang tepat. Kegiatan ini juga akan membantu si kecil untuk menyaring tontonan yang mereka pilih. Jika anak memiliki YouTuber favorit, kenali tokoh tersebut dan tanyakan alasan dia menyukai tokoh itu.

2. TONTON SENDIRI
Jika anak menolak didampingi selama menonton video, Anda mungkin harus menontonnya sendiri. Tanyakan nama pembuat video, lalu cari dan tonton sendiri. Apa yang bisa Anda lakukan? Anda bisa memberi saran setelah menontonnya, entah saran teknik, bahan, maupun isi pembelajarannya.

3. JADILAH DETEKTIF ANDAL! TERKADANG ANAK-ANAK MENONTON SECARA DIAM- DIAM
Meskipun Anda menghargai privasi anak, Anda harus tetap memeriksa apa yang mereka tonton. Lihat watch history atau rekomendasi video. Bila history telah dihapus anak, benarkah ia menonton video untuk belajar? Atau… jangan-jangan mereka menonton yang lain?

4. AKTIFKAN FITUR ‘MODE TERBATAS’ ATAU ‘RESTRICTED MODE FILTERING’ DI YOUTUBE
Dengan mengaktifkan fitur ini maka video yang berisikan konten tidak pantas akan disembunyikan.
 

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia