Persiapan Anak Menginap di Rumah Teman

Anak Anda diundang menginap ke rumah temannya untuk pertama kalinya dan minta izin untuk pergi. Anda, sih, bisa mengatasinya (assyiikk.. kesempatan untuk begadang!), namun apakah ia bisa melaluinya juga? Agar lebih yakin, tanyakan pada diri sendiri:

1. Seberapa penting rutinitas menjelang tidurnya? Bila ia sangat tergantung pada Anda, bisa dipastikan anak sulit menghadapi situasi di mana mamanya anak lain yang mengucapkan selamat malam.

2. Apa yang ditakutinya? Anda bisa menyiasati rasa takut terhadap gelap dengan memasukkan lampu kecil dalam tasnya untuk berjaga-jaga kalau temannya tidak memiliki lampu serupa. Tapi, segala sesuatu yang berkaitan dengan malam hari bukan hal yang sepele. Misalnya, orang tua teman mungkin tidak akan jago membasmi monster di bawah tempat tidur, dll. Dan, ini berarti sekali bagi anak.

3. Bagaimana cara pengaturan tidur? Anak yang gampang terbangun bakal sulit tidur dalam sleeping bag atau di atas lantai. Dan, anak yang memiliki kamar sendiri mungkin saja merasa tidak senang berbagi tempat tidur.

4. Apa yang sedang terjadi dalam hidupnya saat ini? Masa transisi yang cukup besar, seperti perceraian atau harus pindah ke sekolah baru, tentu saja bukan waktu yang baik untuk menguji rasa aman dalam dirinya. Bahkan, hal-hal yang lebih kecil, seperti waktu tidur yang baru, bisa mengguncang dunia anak juga.

5. Apa kebiasaannya di kamar mandi? Bila perlu ditemani saat pipis di malam hari atau kadang mengompol, bisa jadi ia akan merasa malu pada teman-temannya. Juga, jika masih memakai popok di malam hari, sementara teman-temannya tidak. Lalu, bagaimana bila anak tidak siap? Tetap tenang, namun buat langkah-langkah untuk mempersiapkannya. Caranya? Mulailah dengan bermain tenda-tendaan di ruang keluarga, lalu menginaplah di rumah nenek. Namun, jika anak siap, siapkan piyama, sikat gigi, selimut kesayangan, dan bonekanya. Dan, selalu berada di dekat telepon. Jangan heran kalau tiba-tiba ia menelepon. Trauma menginap kadang bisa berakibat buruk.

Foto : Fotosearch

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Persiapan Anak Menginap di Rumah Teman