Pertemanan Anak Perempuan dan Laki-Laki

Mama perlu menyadari bahwa pertemanan antara anak perempuan dan laki-laki tidak langsung terjadi begitu saja. Nah, agar anak dapat berkomunikasi baik dengan anak lain, terutama lawan jenis, hubungan Mama dan anak itu sangat penting.

  • Pada usia 0-12 bulan, hubungan terpenting dalam hidup anak adalah ikatan dengan orang tua. Pada usia ini hubungan orang tua yang hangat, dapat diandalkan, dan menyenangkan bagi anak dapat menjadi landasan pembelajaran anak untuk dapat membuat hubungan baik nantinya dengan orang lain. Pada usia ini, anak akan menyukai bayi lainnya tanpa melihat gender bayi lainnya.
  • Usia 1-3 tahun, anak mulai menunjukkan ketertarikan bersosialisasi dengan anak lain dan mulai menunjukkan bahwa mereka lebih senang bersosialisasi dengan teman yang memiliki gender sama.
  • Usia 4 tahun, anak mulai mulai mengerti adanya perbedaan gender dan memilih teman berdasarkan apakah anak tersebut merasa nyaman bermain dengan temannya.
  • Usia 5-7 tahun anak mulai memilih teman main yang nantinya akan dijadikan teman baiknya di kemudian hari serta anak dapat bermain secara bersama-sama dan adanya peran timbal balik antar anak dalam pertemanan.
  • Usia 8-11 tahun anak mulai menunjukkan kedekatan dengan teman sesama gender dan ketika ia sudah mulai dekat dengan sama gender anak mulai berspekulasi apa rasanya bermain dengan lawan jenis. Hal inilah yang menjadi batu lompatan pertama anak lelaki dan perempuan mulai merasa tertarik satu sama lain.

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia