Rekomendasi Tempat Kursus Masak Buat Anak


Antusiasme orang tua untuk memupuk bakat memasak anak meningkat. Dan, tempat kursus memasak bagi para koki cilik pun merebak. Manfaatnya tak sekadar piawai memasak, tetapi juga melatih motorik dan mengasah intelegensi.

Apa saja yang diajarkan?
Kursus dibagi berdasarkan kelompok usia. Pada kelas pemula atau anak-anak yang berusia kecil, mereka akan akan dikenalkan dengan alat-alat dapur dan aneka peranti masak. Kegiatan memasak yang diajarkan pun umumnya tidak menggunakan api atau sumber panas, seperti kompor atau air mendidih. Kalau pun harus menggunakan itu, tempat kursus biasanya akan memberikan asisten atau pendamping yang akan memastikan keselamatan anak. Di kelas pemula, anak biasanya hanya melakukan proses memasak yang terdiri dari mencampur, mengaduk, mencetak, atau menghias. Misalnya, menghias cake atau cokelat, atau membuat aneka dessert .

Perbedaannya dengan kelas memasak dewasa?
Kelas memasak untuk orang dewasa biasanya lebih bertujuan menghasilkan jenis makanan tertentu. Pada anak, kelas memasak lebih menekankan kepada edukasi yang merangsang perkembangan intelegensi. Tujuannya, selain membuat anak mahir memasak, motoriknya juga dirangsang, dan panca indranya dipertajam melalui berbagai sesi pengajaran. Selain pembatasan penggunaan api dan sumber panas, alat-alat yang tajam pun dimodifikasi atau dikurangi. Intinya, dapur kelas memasak untuk anak berbeda dengan dapur kelas memasak untuk dewasa.

Tip memilih kursus memasak yang baik untuk anak
Tugas orang tua adalah memilih tempat kursus yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak. Pastikan kursus tersebut memang cocok dengan kepribadian, serta minat dan bakat anak. Kemudian, pastikan juga kondisi dapur sebagai ruang kelas memasak didesain khusus untuk anak. Jangan hanya memikirkan tren semata. Jika pada tahap selanjutnya minat anak bukan dalam bidang memasak, sebaiknya Anda tidak memaksakan anak terus mengikuti kelas memasak.


Rekomendasi Tempat Kursus
1. YOUNG CHEF ACADEMY JAKARTA

Jalan Kemang Raya 15 Jakarta Selatan. Telp. (021) 71794589 E-mail: infojkt@ youngchefsacademy.com
www.youngchefsacademy.com/jakarta

2. KEKOCI (KELAS KOKI CILIK)
Ruko Concordia SRC 42-43 Kota Wisata Cibubur, Jawa Barat
Telp. 081318735270 https://kekoci.wordpress.com/
Instagram: @kekoci

3. DAPUR ANAK
Jl. Kapten P. Tendean Kav. Polri Pondok Karya Blok B 8 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telp. (021) 99840865, (021) 7181140, 081398800761, 085217440138

4. DAPUR CILIK
Jl. H. Kamang No. 44, Mutiara Fatmawati Residence A9 Pondok Labu, Jakarta Selatan.
Telp. 08161108375.  E-mail: dapurcilik@yahoo. co.id. Twitter: @dapurcilik

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia