Teknik Yoga Aman untuk Anak

Menurut Tina Maladi, pendiri Kids Yoga Jakarta, jenis yoga yang cocok buat anak adalah yang bersifat aman dan sesuai dengan pertumbuhan emosional dan fisik anak. “Biasanya disebut Hatha Yoga,” kata Tina.

Supaya Anda punya gambaran, ini yang biasanya dilakukan di kelas yoga anak:

1. Menggabungkan latihan yoga dan kegiatan bercerita, aktivitas ketrampilan tangan, dan aneka permainan.  Misalnya, ada beberapa gerakan yoga untuk anak yang meniru gerakan binatang seperti mengaum, atau menggunakan alat bantu seperti boneka untuk latihan mengatur napas.

2. Banyak gerakan yoga yang mengambil tema dari alam, seperti postur pohon, postur gunung, postur ksatria, dan lainnya. “Postur ini baik diajarkan untuk anak karena setiap postur memiliki latar belakang filosofi tentang penghormatan terhadap alam beserta isinya,” kata Tina.

3. Melakukan yoga games yang mendukung kerjasama serta pola pikir ’win-win’. “Yoga tidak bersifat kompetitif.  Semua anak memiliki perbedaan fisik, jadi selalu ada modifikasi menyesuaikan kemampuan kognitif dan fisik anak.”

4. Menggunakan afirmasi (kalimat-kalimat peneguhan) sebagai pesan positif yang akan memunculkan rasa tentram, damai, cinta dan kasih sayang pada diri anak.

5. Menggunakan teknik-teknik yoga yang bersifat introspektif seperti meditasi, konsentrasi, fokus, bernapas, dan relaksasi.  Cara ini bisa melatih anak agar dapat menggunakan teknik yoga untuk menenangkan diri dan memusatkan perhatiannya.