Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Kata Dr. Alan Greene, profesor di bidang ilmu kedokteran anak dari Stanford University School of Medicine di California, Amerika, satu-satunya cara membentengi anak dari penyakit adalah memperkuat daya tahan tubuhnya. Ikuti langkah berikut ini:


- Hindari polusi udara. Misalnya, asap pembakaran, asap rokok, dan zat kimia dalam produk pembersih rumah tangga. Polutan udara bisa merusak silia—rambut halus di dalam hidung, yang berguna menangkal masuknya virus ke dalam tubuh. 


- Banyak tertawa adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian yang dilakukan di Osaka University Graduate School of Medicine menyatakan, menonton film lucu bisa meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh yang berguna membunuh kuman flu dan pilek. 


- Asupan bakteri baik. Konsumsi probiotik berperan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Satu gelas yogurt/jus sehari sudah cukup untuk melindungi tubuh anak.


- Cukup vitamin D. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di University of Colorado School of Medicine, Amerika, kecukupan mendapat jenis vitamin yang dikonversikan dari sinar matahari ini bisa menurunkan risiko serangan pilek hingga 40%. ’Mandi’ sinar matahari juga baik untuk kesehatan tulang. 


- Tetap aktif. Menurut riset yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine, orang yang berolahraga 5 kali seminggu bisa mengurangi risiko terserang pilek sebesar 46%, lho. 


- Cukup tidur. Peneliti dari Carnegie Mellon University di Pennsylvania, Amerika, menyatakan, cukup tidur bisa menurunkan risiko serangan flu hingga 5 kali dibandingkan mereka yang kurang tidur. Porsi tidur yang sehat bagi anak usia 3 - 12 tahun adalah 10 jam per hari.

- Pola makan sehat. Konsumsi makanan bergizi dan cukup mendapat asupan cairan amat penting untuk memelihara stamina agar tetap fit dan sistem imunitas tubuh berfungsi secara baik.


 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak