Trik Sukses Hadapi Ujian Matematika

Gunakan trik mudah dan menyenangkan berikut ini untuk membantu anak Anda belajar dan sukses menghadapi ujian.

Trik membuat anak Anda jadi jago matematika

Katakan dengan lantang. Mintalah anak Anda untuk mempelajari konsep-konsep matematika yang harus ia kuasai dan katakan pengertian konsep tersebut dengan keras atau tuliskan di kartu indeks intisari dari tiap materi pelajaran. Misalnya : Faktor adalah dua buah angka yang jika dikalikan akan menghasilkan angka lain : 2 x 3 = 6, jadi 2 dan 3 adalah faktor dari 6.

Latihan soal. Kerjakan soal-soal sungguhan di kertas atau di papan tulis. Mintalah anak Anda mengerjakan soal-soal yang ada di buku pelajarannya, atau Anda bisa mencari soal-soal latihan di internet. Coba klik : coolmath.com, funbrain.com, mathcats.com.

Tambahkan warna. Saat anak Anda mengerjakan soal-soal yang membutuhkan penyelesaian bertahap untuk bisa menemukan angka jawabannya, cobalah gunakan pensil warna dan kerjakan tiap tahap dalam warna yang berbeda.

Selain pelajaran matematika, anak Anda juga harus mempelajari IPA dan IPS, ini dia trik mempelajarinya

Cara kuno. Kartu belajar masih jadi cara ampuh untuk membantu anak-anak lebih mudah mengingat konsep-konsep yang rumit. Mintalah anak Anda menuliskan kata kunci atau sebuah konsep di atas kartu indeks berwarna dan menuliskan definisinya di balik kartu. Setelah anak mempelajari kartu-kartu tersebut, Anda bisa mengujinya.

Gunakan jembatan keledai
, yaitu cara untuk membuat hafalan menjadi mudah diingat. Masih ingat mejikuhibiniu? Singkatan tersebut memudahkan kita menghapal urutan warna pelangi. Bersama anak, cobalah menciptakan singkatan-singkatan atau kata-kata lucu untuk membantu ia menghapal nama-nama planet dalam tatasurya, peristiwa sejarah, rumus, dan apa saja dalam materi pelajarannya yang harus dihafal. 

Tampilkan sisi artistik. Biasakan anak membuat diagram sederhana untuk konsep atau proses ilmiah yang rumit, misalnya diagram untuk siklus penguapan air. Gambar-gambar konyol juga bisa membantu, misalnya untuk mengingat arti dominan dan resesif anak menggambar anjing besar menggonggong kepada anjing kecil, anjing besar diberi nama Domi, dan anjing kecil Resi.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Trik Sukses Hadapi Ujian Matematika