Trik Mengobrol dengan Si Kecil yang Pendiam


 

Karakter anak-anak memang beragam. Ada anak yang sangat suka bicara. Ada anak yang sangat berani bicara untuk menyampaikan pikiran mereka. Akan tetapi, ada juga anak yang minim bicara. Mereka mungkin bukan anak yang menghindari obrolan. Akan tetapi, mereka hanya memilih berada di posisi sebagai pendengar, bukan pembicara. Mereka memilih menyimpan perasaan dan pikirannnya sendiri.
 
Ada kalanya, karakter mereka yang diam ini membuat bingung orang tua. Ya, orang tua jadi kesulitan mencari tahu langsung apa yang terjadi hari ini, apa yang membebani pikirannya, dan apa yang ia rasakan. Susah bagi orang tua untuk mencari pintu masuk mengobrol dengan si kecil yang pendiam.
 
Oleh karenanya, beberapa orang tua mungkin sedih saat melihat si kecil murung dan tampak punya masalah tanpa bisa mengetahui masalah mereka. Padahal, sangat penting bagi orang tua untuk selalu mengerti kondisi si kecil agar bisa memberikan dukungan dan membantunya.
 
Jerry Bubrick, PhD, psikolog klinis Child Mind Institute, New York, AS, menyarankan permainan “Mawar” untuk mengobrol dengan mereka. Bunga yang indah dan harum ini memiliki tiga komponen, yaitu kelopak, duri, dan kuncup.

 
Masing-masing dari Anda dan si kecil harus menjawab pertanyaan:

  • Kelopak: “Ceritakan yang paling kamu sukai hari ini!”

  • Duri: “Beri tahu aku, apa yang paling tidak kamu sukai hari ini!”

  • Kuncup: “Katakan sesuatu yang kamu nantikan di hari berikutnya.”

 
Ceritakan hari Anda dengan terbuka agar ia bisa mengikutinya. “Waktu tidur bukanlah waktu yang tepat. Anak-anak mulai santai untuk hari itu. Anak-anak yang cemas memiliki lebih banyak kekhawatiran di malam hari,” ucap Bubrick. Di samping itu, ia juga mengingatkan untuk tidak memainkan permainan ini saat mereka pertama kali bangun. “Carilah saat-saat yang tenang,” imbuhnya.
 
Apabila si kecil tidak bisa terbuka menjawab pertanyaan dalam permainan saat bersama anggota keluarga lain, maka mainkan ini saat Anda sedang berdua saja dengannya.
 
 
Baca juga:
6 Tip Membuat Si Pendiam Lebih Terbuka
Anak Terlalu Pendiam, Perlukah Khawatir?
Ajak Anak Pendiam Bicara
Cari Tahu Penyebab Anak Pendiam
Cara Mengobrol dengan Anak
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK

 
 
 
 

 





Video

The Power Duo Business + Parenthood


Polling

Trik Mengobrol dengan Si Kecil yang Pendiam

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia