Usia Tepat Ajak Anak Nonton Bioskop

Ingin ajak anak nonton ke bioskop? Sebetulnya usia berapa, sih, anak-anak ideal dibawa untuk nonton di bisokop? Banyak pendapat mengatakan bahwa usia 2,5 – 3 tahun anak-anak sudah boleh nonton film. Di usia itu anak sudah mulai memahami jalan cerita anak bertema sederhana. Tapi dikhawatirkan indra pendengar dan penglihatan batita masih belum siap untuk menerima kerasnya suara bioskop dan tajamnya gambar layar bioskop.

Pendapat pemerhati anak, menyebut usia 4 tahun adalah usia tepat. Karena di usia itu anak sudah bisa mengikuti alur cerita secara lengkap dan memiliki kesabaran untuk duduk tenang lebih dari 1 jam. Karena anak relatif memiliki rentang perhatian yang pendek dan sulit duduk diam untuk waktu yang panjang. Tambahan lagi, di usia itu, anak-anak sudah tidak terlalu sensitif dengan suara keras dan sinar yang terang dari layar.

Namun, yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah pilihan filmnya. Kalau ingin mengajak anak nonton film, pastikan dulu film yang akan ditonton memang film anak-anak dan sesuai dengan usia balita. Sempatkan melihat review filmnya di internet, misalnya. Apakah plot dan gambar-gambarnya sesuai dengan usia anak. Soalnya, banyak film anak-anak tapi belum tentu sesuai dengan usia balita. Bukan tidak mungkin film juga bisa membingungkan atau bahkan menakutkan bagi anak-anak.
 
Atau, ada juga orang tua yang ‘terpaksa’  mengajak anaknya nonton film orang dewasa, karena lagi kepengen nonton tapi tidak ada yang bisa dititipi anak. Anak balita diajak nonton James Bond, pastinya kurang bijak. Selain banyak adegan yang tidak pantas dilihat anak, juga takutnya anak yang bosan malah akan rewel di dalam bioskop. Dan pastinya sangat mengganggu penonton lain.

Kapan anak boleh nonton di bioskop sendiri? Saat memasuki usia praremaja, bolehlah mereka nonton film di bioskop bersama teman-teman atau saudara-saudara seusianya. Sebaiknya mereka nonton berombongan. Antarkan mereka hingga pintu bioskop, tapi jangan tinggalkan mereka. Anda bisa menunggu di kafe bioskop hingga film usai, kan, Ma.  (Foto: dok. Fotosearch)


 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Usia Tepat Ajak Anak Nonton Bioskop