Alasan Perlu Batasi Anak Nonton TV

Anak senang nonton TV? Batasi waktu anak menonton TV, Ma. Ini alasannya:

Menurut The American Academy of Pediatrics, sebaiknya batasi screen time bagi balita tidak lebih dari 2 (ya, dua!) jam perhari. Batas ini sudah merupakan gabungan semua layar digital ya, Ma. Artinya gabungan waktu menonton TV, DVD, computer tablet maupun layar perangkat video games mereka. Artinya kalau memang hanya 30 menit untuk mandi dan sedikit luluran, Anda bisa bebas dari rasa bersalah!


Meski begitu, riset yang dilakukan oleh Seattle Children’s Research Institute  menemukan bahwa kebanyakan balita memiliki screen time hingga 4 jam sehari. Data ini kemudian dihubungkan dengan meningkatnya kasus anak-anak dengan masalah keterlambatan bicara, perilaku agresif dan obesitas.


Mengingat anak-anak yang hidup di perkotaan di Indonesia pun sudah sangat akrab dengan berbagai layar digital, rasanya hasil penelitian ini juga dapat menjadi peringatan bagi kita semua. Jadi bila Anda butuh melakukan sesuatu lebih dari 2 jam, coret saja deh “babysitter elektronik” dari daftar solusi. Lebih baik, minta saja Papa gantian bermain dengan anak.   


Baca juga:

- Boleh Nonton TV?

- TV Sehat untuk Anak

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia