Anak Sukses Potong Rambut



Jadikan potong rambut pertama anak sesuatu yang menyenangkan dengan tips berikut (siap-siap bawa kamera, ya).

Jika Mama tidak ingin anak mengalami pengalaman menakutkan ketika potong rambut pertamanya, sebaiknya siapkan dirinya sejak jauh-jauh hari. Ini tips persiapan anak potong rambut dari Tami Waltz, stylist pada Great Clips, salon keluarga yang memiliki 3.000 franchise di AS:

1. Jangan katakan pada anak bahwa rambutnya akan ‘dipotong’. Kedengarannya menyeramkan. “Bilang saja, ‘Nanti, rambut kamu akan dirapikan, ya,’” saran Waltz. (Sebut saja gunting sebagai ‘nting‘ untuk mengurangi rasa takut anak.)

2. Jangan terbatas pada salon anak-anak. “Stylist yang banyak menangani orang dewasa pasti senang menangani anak-anak, sebab ini menjadi semacam ganti suasana baginya,” kata Waltz.

3. Bermain ‘potong rambut’ di rumah. Minta anak duduk di atas kursi dengan kaca besar di depannya. Tutup bahunya dengan handuk yang dijepit pada bagian ujungnya, seolah ia sedang berada di salon. Secara perlahan, semprot rambutnya dengan air sambil berkata, ”Ini yang akan dilakukan orang di salon, yakni membasahi rambut.”

4. Pilih waktu yang tepat. Buatlah janji segera setelah (namun jangan sekali-kali sebelumnya) anak tidur atau makan. Download satu episode dari acara TV favorit anak ke smartphone sehingga ia bisa menonton untuk mengalihkan perhatiannya. Juga, siapkan camilan yang tidak lengket, seperti cracker, untuk jaga-jaga ia rewel.

5.Minta stylist untuk menghilangkan potongan rambut dari pandangan anak. “Mama pasti terkejut mendengar anak berapa kali berteriak, ‘Aduh!’ jika melihat rambutnya berjatuhan,” tawa Waltz.

6.Untuk anak perempuan, bawalah topi baret yang lucu atau aksesori lain. Minta stylist untuk menambah lagi sesuatu agar lebih wow!

7. Untuk anak laki-laki, minta stylist memberi sedikit highlight pada beberapa bagian rambut (akan hilang setelah dibilas).

Baca juga: Cara Aman Cuci Rambut Bayi


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.