Atasi Mata Merah pada Anak

Mata anak merah, apa penyebabnya? Anak mungkin mengalami alergi, Ma.


Mata alergi biasanya ditandai dengan mata yang masih kelihatan putih atau sedikit merah namun anak mengeluh gatal dan sering mengucek matanya. Sedangkan mata yang terinfeksi akan ditandai dengan mata merah dan belekan. 


Mata merah karena alergi bisa disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu seperti telur, susu, daging, dll. Bisa juga akibat bulu hewan peliharaan, debu/tungau, atau cuaca dingin akibat AC atau minuman/makanan dingin. Pernah mendengar ada anak yang setiap masuk ruangan berpendingin langsung merah matanya?


Dr. Florence menjelaskan bahwa mata merah di ruangan ber AC adalah jenis alergi dingin. Selain tanda-tanda alergi di mata, bisa disertai  juga dengan sering bersin, dan atau menderita sinusitis atau asma.


Nah, yang harus Anda lakukan bila anak mengalami mata merah akibat alergi adalah dengan mengatasi penyebab alerginya. Karena penyebab alergi sangat banyak, maka untuk menghindari seringnya kambuh, anak dianjurkan untuk memeriksa jenis alerginya di laboratorium. Mata alergi yang sedang kambuh ditandai dengan mata yang tampak bengkak dan sayu, sehingga dianjurkan untuk melakukan kompres dingin (cold compress).


Baca juga: Efek Buruk Nonton Televisi pada Mata Anak

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia