Penyebab Bau Mulut Anak



Menurut Dr. William Sears, dokter konsultan untuk Parenting AS, ada banyak hal yang mengakibatkan bau mulut pada anak, yakni:


Infeksi sinus. Walaupun jarang diketahui, infeksi sinus yang sudah kronis bisa menjadi membuat mulut bau. Tanda-tanda lain dari sinus adalah sering pilek dan biasanya cukup lama, adanya lendir kuning saat mengeluarkan ingus, mudah lelah, dan sering batuk. Diperlukan pemeriksaan dokter lebih lanjut untuk mengatasi masalah sinus ini.


Amandel membesar. Makanan dan lendir dari saluran napas dan pencernaan akan tersimpan di dekat amandel, serta lama kelamaan akan membusuk. . Pastikan anak mendapatkan pemeriksaan dari dokter untuk mengetahui apa bau mulut anak disebabkan oleh amandelnya yang membesar. Masalah gigi, yaitu berasal dari sisa makanan yang tersimpan di sela-sela gigi anak. Jadi, pastikan anak menyikat giginya dengan baik, menggosok lidahnya, serta berkumur. Bantu ia saat berkumur dan pastikan mulutnya sudah bersih.


Mulut kering. Saat ini terjadi, kemampuan alami ludah untuk membersihkan mulut akan menurun. Akibatnya, bakteri tumbuh di dalam mulut dan menimbulkan bau. Atasi hal ini dengan meminta anak banyak minum air.


Naiknya asam lambung ke tenggorokan. Gejalanya seperti mual, yang juga diikuti kolik, sering meludah, tidak tenang saat tidur, suara serak, dan perut tidak nyaman setelah makan. Coba atasi dengan membuat anak duduk tegak dan tidak banyak bergerak (setidaknya selama setengah jam setelah makan). 



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.