Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Balita
Pilih Vitamin Anak
Akhir-akhir ini, media massa gencar mena...
Bayi
Kok, Berkeringat Terus?
Bayi saya (4 bulan) sering sekali berker...

Sejuta Manfaat Tahu Untuk Anak

Berbahan dasar kacang kedelai, tofu atau yang biasa kita sebut tahu adalah makanan kaya
nutrisi dan tentunya enak. Tak heran jika banyak anak yang menyukainya.

Apa saja khasiat tofu?
- Kaya protein dan bebas kolesterol. Kualitas protein tahu hampir sama hebatnya dengan daging dan susu. Juga, tidak seperti banyak sumber protein lainnya, tahu memiliki kandungan lemak jenuh rendah dan bebas kolesterol.

Tiap 100 gram tahu dapat mengandung sekitar 6 – 10 gram kandungan protein yang memenuhi 18% kebutuhan tubuh akan protein (bergantung pada jenis tahu. Tahu padat lebih kaya akan protein dibandingkan tahu sutra).

- Sumber energi. Tahu merupakan sumber zat besi yang baik. Tiap 100 gram tahu menyediakan 30% dari yang dibutuhkan tubuh per hari. Nah, zat besi dalam tahu ini bersatu dengan hemoglobin di dalam tubuh yang membantu proses perputaran dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh yang kemudian menghasilkan energi baru. Tahu juga mengandung 10% kebutuhan tubuh akan zat tembaga. Mineral ini dibutuhkan tubuh agar zat besi dapat bekerja baik di dalam sel darah merah.

- Dapatkan kandungan kalsiumnya. Para ahli bahkan menyarankan mengonsumsi tahu untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Kalsium pada tahu dapat memenuhi 10% kebutuhan tubuh akan kalsium, yang dapat mencegah penyakit berhubungan dengan tulang. Penelitian terakhir bahkan menyebutkan bahwa isoflavon dalam tahu dapat memperkuat kepadatan tulang.

Nah, agar mendapatkan khasiat tahu yang optimal, Anda juga perlu tahu cara cermat menyimpan tahu. Pastikan tahu yang Anda pilih masih segar, tidak berbau, dan tidak asam. Tahu sutra umumnya sudah terkemas dengan baik yang sebaiknya langsung Anda habiskan ketika membuka kemasannya.

Sedangkan saat membeli tahu padat, pastikan mencucinya sesampai di rumah, dan simpan di lemari pendingin dalam wadah yang telah Anda beri air, agar tahu bisa bertahan hingga sekitar satu minggu. Tahu bisa Anda hidangkan dengan digoreng, tumis, panggang, hingga bakar untuk menu makanan sehat keluarga Anda.

Ingin mengolah tahu atau tofu menjadi hidangan lezat buat si kecil, baca kumpulan resepnya di rubrik 'Masak, yuk!' di majalah Parenting Edisi November 2011.

Baca juga: Keajaiban Wortel




   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+