Tanda Anak Alergi Makanan

Si dua tahun Anda sangat menyukai strawberry. Biasanya sih, tidak ada reaksi apapun setiap kali ia mengunyah strawberry. Namun, pada hari ini, pipi dan dagunya langsung kemerahan dan berbintik-bintik setelah gigitan pertamanya. Apakah ini reaksi alergi?


Bisa jadi begitu. Seringkali, alergi terhadap makanan baru muncul saat anak berusia 18 sampai 24 bulan. Reaksi alergi pertama terhadap makanan tertentu justru timbul setelah anak berulang kali mengonsumsi makanan yang sama. Untungnya, reaksi alerginya tidak parah, dengan gejala berupa ruam kulit (bercak-bercak merah di kulit) dan gatal-gatal. “Bila anak tidak mengalami gangguan napas, Anda tidak perlu cemas. Biasanya, gejala akan mereda dengan sendirinya setelah ia berhenti mengonsumsi makanan tersebut. Di lain pihak, kalau reaksi alerginya sangat mengganggu (gatalnya cukup hebat),  berikan satu dosis antihistamin cair, seperti Benadryl, untuk menghilangkan reaksi alergi,“ tutur Sigmund Kharasch, M.D., direktur dari Boston Medical Center’s pediatric emergency department.


Selanjutnya, amati anak dengan ketat selama 15 sampai 30 menit. Ini dilakukan untuk mendeteksi munculnya gejala alergi yang serius, seperti kesulitan bernapas, pembengkakan bibir dan sekitarnya, napas tersengal-sengal, serta keluarnya air liur dalam jumlah cukup banyak (pertanda saluran udara membengkak dan aliran udara napas terganggu). Kondisi seperti ini perlu ditangani sesegera mungkin.


Sekalipun reaksinya ringan, Anda tetap harus menghubungi dokter anak. Mungkin saja dokter akan memeriksa anak untuk memastikan apakah itu betul-betul alergi dan apakah si kecil juga alergi terhadap makanan lain. Bila ya, minta anak untuk menghindari makanan tersebut. Ingat, reaksi alergi kedua atau ketiga bisa lebih parah ketimbang reaksi alergi pertama. (Pastikan Anda memberitahu masalah ini pada siapapun yang menangani dan menjaga anak)


Bila anak menunjukkan gejala alergi makanan yang serius, dokter anak mungkin akan memberi epinephrine. Obat ini mengandung adrenalin, yang bisa  mengatasi gangguan napas tadi. 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia