Tips Pilih Botol Susu yang Aman

Botol susu merk terkenal belum tentu jaminan kualitas. Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli botol susu untuk anak.  

Anda harus tahu bahwa ada produk botol susu terbuat dari polikarbonat, yaitu plastik kaku yang memiliki potensi melarutkan bisphenol A dalam susu anak. Bisphenol A (BPA) telah lama diketahui sebagai penyebab beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan hormon dan obesitas.

National Toxicology Program (sebuah badan dalam Departemen Kesehatan Amerika Serikat yang menangani penggunaan bahan kimia pada barang kebutuhan sehari-hari) mengungkapkan ada beberapa permasalahan saraf yang berhubungan dengan perilaku anak, akibat paparan BPA.

Hal itu bisa dihindari dengan memilih botol susu dari bahan plastik yang aman atau botol kaca. Tetapi botol kaca juga memiliki kelemahan, karena mudah pecah dan retak, terutama saat dipanaskan untuk sterilisasi. Dan, jika pecah akan sangat berbahaya bagi anak, sebab bisa saja pecahan kaca masuk ke dalam makanan anak.

Maka itu, botol plastik memang bisa jadi pilihan aman. Tapi, yang seperti apa? Botol plastik yang aman untuk anak adalah botol yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE and #5 PP. Plastik tersebut dibuat dari polypropylene atau polyethylene yang diketahui tidak melarutkan karsinogen, zat penyebab kanker. Untuk mengetahuinya Anda tinggal melihat lambang #2, #4 dan #5 yang berada di bagian bawah botol.

Agar botol yang digunakan anak aman, selalu sterilkan botol menggunakan air mendidih atau peralatan steril eletronik. Jika Anda menggunakan alat steril botol elektronik, bersihkanlah secara teratur. Periksa juga dot anak, jika robek segera ganti karena bisa saja robekannya terlepas dan tertelan.

Baca juga: Bagaimana pertumbuhan bayi tidak ASI eksklusif?

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia