Trik Menstimulasi Panca Indra Anak

Seperti spons yang menghisap air di sekitarnya sampai habis, begitulah otak si kecil dalam masa perkembangannya. Masuk usia satu tahun, semakin banyak lagi obyek di sekeliling yang bisa Anda perkenalkan padanya. Langkah ini sekaligus akan menstimulasi panca indranya (penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba).

Berikut beberapa cara menstimulasi panca indranya:

  1. Indra penglihatan: Bermain cilukba dan menunjukkan beragam ekspresi wajah; memperlihatkan aneka bentuk, warna, ukuran, tekstur beragam benda.
  2. Indra pendengaran: Memperdengarkan musik sambil mengajaknya mengikuti irama. Mengenal musik sekaligus akan mengasah kepekaan anak.
  3. Indra penciuman: Memperkenalkan beragam bau, mulai dari parfum mama, deodoran papa, bau makanan yang dimasak di dapur, bahkan juga bau tak sedap yang keluar ketika ia pup.
  4. Indra pengecap/perasa: Perkenalkan rasa manis, asin, pahit, asam dari beragam makanan atau minuman pada anak dengan meneteskan sedikit rasa tersebut di ujung lidahnya. Bila ia menolak, ulangi lagi beberapa kali sampai akhirnya ia terbiasa.
  5. Indra perasa:  Memeluk, menepuk pundak, atau mengusap rambut anak akan membuat ia bisa merasakan kasih sayang Anda. Bisa juga dengan memijat lembut tubuhnya di malam hari sebelum ia tidur.

Selain contoh-contoh di atas, tentu saja masih banyak lagi cara lain yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa melakukan semuanya dengan penuh kasih sayang ya. Ia bisa merasakannya, kok.

Baca juga: Tanda-tanda Tersembunyi Stres pada Anak

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia