Bayi Mandi Air Dingin Lebih Sehat?

Mungkin selama ini Mama tidak tega untuk memandikan anak dengan air dingin. Selain itu, jika di rumah tidak ada shower, tentu harus memasak air dulu dan mungkin merepotkan bagi Mama. Tapi, tahukah Mama, bahwa ada manfaat baik bagi anak jika ia dimandikan dengan air dingin?

Air dingin dapat ‘memaksa’ tubuh untuk mengeluarkan energi lebih besar untuk menghangatkan badan. Oleh sebab itu, memandikan anak dengan air dingin baik bagi tumbuh kembangnya. Penelitian menyatakan, mandi air dingin akan meningkatkan jumlah sel darah putih bila dibandingkan dengan mandi air hangat. Dengan meningkatnya jumlah sel darah putih, tubuh akan lebih mampu melawan kuman penyakit.

Walau begitu, tetap saja ada syaratnya sebelum Mama mau memandikan anak dengan air dingin. Yang paling penting, tidak tinggal di daerah yang dingin dan tidak sedang musim dingin. Kemudian, kondisi tubuh anak harus dipastikan dalam keadaan sehat. Khusus untuk bayi, baru boleh dimandikan dengan air dingin mulai usia 2-4 bulan.

Namun, bayi yang lahir prematur tidak dianjurkan dimandikan dengan air dingin di usia 2 bulan. Selain kulit bayi lahir prematur lebih tipis dan butuh waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, bayi prematur dikhawatirkan akan mengalami hipotermia (kedinginan) yang bisa berakibat menghambat tumbuh kembangnya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia