Kapan Bayi Boleh Makan Ikan?

Inilah beberapa pertanyaan seputar ikan yang kerap ditanyakan oleh para orang tua kepada William Sears, M.D., dokter anak, ayah dari 8 anak, dan sekaligus penulis The Baby Book.

Kapan Bayi mulai bisa diberi makan ikan? ketika ia mulai mengonsumsi makanan padat, bayi sudah bisa diberi potongan ikan yang dihaluskan bersama buburnya.

Apa jenis ikan yang terbaik untuk si kecil? Ikan berminyak, seperti tuna, sarden, dan salmon adalah sumber terbaik omega-3. Tapi, hampir semua seafood sebenarnya mengandung asam lemak omega-3. Anda bisa memberikan jenis ikan apapun kepada bayi Anda.

Apa lagi manfaat ikan selain kandungan omega-3? Omega-3 adalah nutrisi yang menonjol pada ikan, tetapi ikan juga mengandung nutrisi yang baik. Menurut  American Academy of Pediatrics, ikan mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi, vitamin penting untuk pertumbuhan tulang.

Berapa banyak DHA yang diperlukan bayi? Bayi sebaiknya mendapatkan sekitar 300 mg DHA per hari. Jumlah tersebut bisa diperoleh dari ASI atau susu botol, dan ditambah dengan sekitar 2 ons ikan per minggu. Setelah bayi Anda ‘lulus’ ASI, tambahkan asupan ikannya hingga 6 – 7 ons per minggu.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia