Kapan Bayi Mulai Bisa Mendengar?

Sebenarnya, bayi sudah bisa mendengar dengan jelas segera setelah lahir. Bahkan, ia sudah bisa mendengar suara Anda dan suara-suara lain sejak berada di dalam kandungan. “Fungsi pendengaran mulai terbentuk saat janin berusia 8 minggu hingga 6 bulan,” jelas dr. BRW. Indriasari, SpA., MSi.Med., M.Kes., yang berpraktek di Mayapada Hospital, Jakarta Selatan.

“Karena itu, begitu indera pendengaran sudah terbentuk, Mama sebaiknya mulai menjalin komunikasi dengan janin. Bagaimana caranya? Misalnya, dengan memperdengarkan musik. Hal ini bisa membantu perkembangan otak bayi menjadi lebih baik.”  

Di satu tahun pertama kehidupannya, pendengaran bayi akan berkembang dan bertambah tajam. Ia juga akan belajar mengenali sumber suara, memahami, dan merespons jenis suara yang didengarkannya.

Jadi, gunakan momen satu tahunnya untuk memperhatikan dengan seksama bila ada hal yang tak normal. Ini karena gangguan pendengaran berpengaruh besar pada perkembangan kemampuan bicara dan bahasa anak nantinya. Ada bayi yang memang lahir dengan gangguan pendengaran bawaan, namun ada juga yang lahir normal dan seiring bertambahnya usia mengalami gangguan pendengaran.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia