Kejutan Bayi Baru Lahir

Setelah sembilan bulan 'beraksi' dalam rahim – dan perjalanan yang penuh guncangan melalui jalan lahir – bayi Anda mungkin saja kelihatan tidak sempurna.

Anda juga mungkin tidak mengenali bayi Anda untuk pertama kalinya. Tidak perlu khawatir, Ma. Kondisi yang sedikit mengejutkan ini hanya sementara, kok.

- Bentuk kepala belum sempurna
Kepala bayi baru lahir sangat lentur sehingga bisa lolos dengan mudahnya via jalan lahir. Makanya, bentuk kepalanya akan sedikit lonjong atau menonjol gara-gara ’berdesakan’ dengan leher rahim. Dalam beberapa hari, kepalanya akan bulat lagi, kok.

- Kejutan dari kulit
Tidak, bukan berarti ia mengalami pubertas dini! Rambut tubuh (lanugo) yang berwarna cokelat tua atau hitam yang biasanya rontok dalam rahim bisa tetap menempel pada beberapa bayi baru lahir, terutama bayi prematur.

Umumnya sih, akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Dan semua bayi akan diselaputi vernix, zat yang bentuknya mirip keju yang melindungi kulit dalam rahim; perawat akan membersihkannya nanti.

- Badan tidak proporsional
Kepalanya akan kelihatan lebih besar dari tubuhnya (ketinggalan ini akan terkejar dalam enam bulan hingga setahun), serta alat kelamin atau dada (pada perempuan atau laki-laki) bisa super besar; hormon Andalah yang membuatnya bengkak.

- Mata bengkak
Setelah ditetesi obat antibiotika saat lahir, mata si kecil mungkin saja bengkak atau berair selama 12 jam atau lebih.

- Pusar menonjol
Tali pusar agak berdarah dan berair, serta beberapa hari setelah lahir akan berubah jadi hitam dan berkerut. Akan terlepas dengan sendirinya dalam satu hingga tiga minggu. Sebelumnya, biarkan terpapar pada udara terbuka, serta seka sajalah bayi Anda.

Baca juga: Benarkah Bayi Baru Lahir Bisa Stres?

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia