Penyebab Bayi Gumoh

Bayi Anda sering gumoh? Kenali penyebabnya.

Gumoh
Kapan muncul? Sering terjadi pada bayi. Bayi menjadi rewel, cengeng, kadang-kadang sampai menjerit. Pada kasus yang berat mungkin dijumpai darah pada muntah yang dikeluarkan bayi, ada gangguan menelan, atau batuk kronik berulang.
Penyebab: Pengeluaran isi lambung ke dalam saluran pencernaan atas yang berlangsung tidak secara terus menerus, namun hanya sesaat. Biasanya gangguan ini memang bersifat fisiologis.
Akibatnya? Gumoh bisa menyebabkan komplikasi, yakni radang saluran pencernaan bagian atas. Ini terjadi karena asam lambung masuk saluran pencernaan atas.
Perlukah ke dokter? Jika anak sering mengalami gumoh, sebaiknya dibawa berkonsultasi ke dokter. Dikhawatirkan akan terjadi komplikasi. Jadi, Ma, jangan sepelekan gumoh ya.

Muntah
Kapan muncul? Bisa terjadi pada semua usia.
Penyebab: Muntah adalah suatu gejala berupa keluarnya isi lambung dan usus. Nah, muntah pada bayi dapat terjadi sesudah minum atau makan, dan akan berkurang seiring dengan bertambahnya umur. Jika merupakan kelainan bawaan (dibawa sejak lahir), biasanya terjadi penyempitan lambung atau usus halus bagian atas dan terjadi kelainan berupa malrotasi (perputaran) usus. Pada bayi umur 2 bulan penyebab muntah adalah penyempitan aliran makanan dari lambung ke usus kecil, sedangkan pada anak yang lebih besar muntah bisa karena penyakit liver yang dideritanya.
Akibat: Bila tidak diperbaiki faktor penyebabnya, akan menimbulkan gejala dehidrasi.
Yang harus dilakukan: Anak harus minum obat anti muntah untuk sementara waktu, dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kelainan dalam perut.
Perlukah ke dokter? Ya, sebaiknya bawa anak berkonsultasi ke dokter.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia